Padangsidimpuan (Antaranews Sumut) - Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru salah satu dari enam kecamatan di Kota Padangsidimpuan, dan membawahi lima desa yakni Huta Padang, Singali, Sabungan Sipabangun, Tinjoman, dan Partihaman Saroha, mendapatkan apresiasi dari kalangan masyarakat.

Pengalokasian Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APDes) yang dikucurkan Pemerintah Pusat dinilai cukup memberikan dampak positif bagi pergerakan peningkatan perekonomian masyarakat di kecamatan setempat, dan itu tidak terlepas dari campur tangan Camat Padangsidimpuan Hutaimbaru. 

Camat Padangsidimpuan Hutaimbaru Sayidiman Pulungan, Rabu mengatakan. Pemerintah Kecamatan selalu menghimbau dan menekankan kepada seluruh kepala desa agar memasang baliho yang memuat besaran dana desa serta penggunaan anggaran.

Tranparansi penggunaan ADD pertahun juga dengan sangat mudah dapat diakses publik di masing-masing desa di kecamatan ini, sikap kooperatifnya setiap pemdes berupa pemasangan baliho penjabaran APBDes dinilai adalah upaya menangkal kecurigaan dan tanggungjawab moral terhadap masyarakat.

Tambahnya, itu adalah ketentuan atau pedoman yang berlaku bahwasanya baliho penjabaran APBDes itu wajib dipasang di depan kantor desa atau di tempat-tempat yang mudah dilihat oleh masyarakat luas, tutur camat yang pernah dua kali dinobatkan oleh Gubernur Sumut sebagai Pembina Karang Taruna terbaik tingkat Kota Padangsidimpuan ini.

Kalau tidak salah, katanya, ada juga instruksi Kemendes PTT yang mewajibkan tiap desa memampang baliho yang memuat rencana sampai realisasi dana desa, paparnya.

Karena dengan himbauan pemerintah kecamatan kepada seluruh pemerintah desa merupakan salah satu kinerja yang patut diapreasiasi, hal itu kami rasakan betul dalam membangun kepercayaan masyarakat dalam transparansi penggunaan ADD yang dikelola aparat desa.

Atas ketegasan camat, masyarakat setempat yang diwakili Tokoh Masyarakat Hutaimbaru Martuani Siregar mengapresiasi metode kepemimpinannya. Kami bangga mempunyai camat seperti beliau yang sangat konsen terhadap upaya kepuasaan masyarakat terkait informasi publik yang dibutuhkan, katanya.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018