Rantauprapat (Antaranews Sumut) - Ketua Komisi VII DPR RI Fraksi Gerindra, Gus Irawan Pasaribu menyampaikan materi seminar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Senin di Gedung Nasional, Rantauprapat.

Dalam pemaparannya, Gus Irawan mengulas tentang masing-masing elemen dari keempat pilar kebangsaan tersebut.

Yakni, Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR. Dan, NKRI sebagai bentuk negara, serta Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

"Kita patut bersyukur founding father pendiri negara mewariskan 4 pilar di nusantara ini. Dihasilkan dari berbagai kearifan lokal yang masih ideal saat ini," katanya.

Secara umum mantan Direksi Bank Sumut ini juga mengkritisi soal penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) No 2 tahun 2017 tentang Ormas. Terkhusus kebijakan Pemerintah dalam penghapusan ormas. 

Dia menilai, pihak pemerintah mengambil alih fungsi lembaga negara lain yang berfungsi di bidang hukum. Bahkan, dia mengesalkan pihak Legislatif yang justru pula ikut mengesahkan produk hukum tersebut.

"Hari ini, Pemerintah bisa menghapus dan membubarkan Ormas tanpa proses hukum. Kalau hukum tidak ditegakkan maka negara bisa porak poranda," ujarnya.

Dia juga menyinggung soal polemik  Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto yang sempat menjadi sorotan karena ucapannya soal 'Indonesia akan bubar pada 2030'.

"Padahal, pak Prabowo mengutip sebuah novel fiksi karya PW Singer dan August Cole yang berjudul ‘Ghost Fleet’," paparnya.

Akibat kekhawatiran kajian dari luar yang mengatakan Indonesia akan bubar di tahun tersebut, maka muncul keinginan masyarakat yang masif dengan hastaq #2019gantipresiden.

Gus Irawan juga menjelaskan kondisi-kondisi kekinian prekonomian Indonesia. Hingga tentang fakta sebenarnya terkait Head of Agreement terkait penjualan saham Freefort McMoran Inc (FCX) dan terkait pembelian saham ladang minyak di Blok Rokan.

Pada sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan itu, juga dihadiri sejumlah perwakilan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan OKP di Labuhanbatu. Juga tampak hadir Ketua OKK DPD Partai Gerindra Sumut Dedi Arfan dan Ketua DPC Partai Gerindra Labuhanbatu Abdul Karim Hasibuan.
 

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018