Medan, 15/8 (Antaranews Sumut) - Sedikitnya  100 penerbit  sudah mendaftar mengikuti Pameran Buku, Budaya dan Teknologi yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip  Sumatera Utara bersama Ikatan Penerbit Indonesia 
atau IKAPI, di Medan, 22 - 27 September 2018.

"Minat penerbit sangat tinggi dan di luar prakiraan atau 100 lebih.Padahal stan yang disediakan hanya 45,"ujar Bendahara Umum IKAPI Pusat,  Bien Pasaribu di Medan, Rabu.

Menurut dia yang didampingi  Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut, Ferlin Nainggolan, antusiasnya keikutsertaan penerbit diprediksi karena meningkatkan pembelian buku dalam beberapa bulan terakhir.

"Penerbit berupaya memanfaatkan momentum peningkatan pembelian buku dengan ikut berpameran,"ujarnya.

Bien tidak menyebutkan target transaksi penjualan buku di pameran yang bertemakan "Rakyat Membaca Sumut Bermartabat" itu dengan alasan acara tersebut lebih bertujuan untuk mendorong minat baca masyarakat.

IKAPI dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut berharap pameran yang diisi dengan berbagai acara seperti menampilkan  Duta Baca Indonesia Nazwa Shihab dan Kepala Perpustakaan Nasional  Muhammad Syarif Bando akan dipadati pengunjung.

Rencananya pameran yang digelar di Kantor Perpustakaan dan Arsip  Sumut itu dilangsungkan sejak pagi hingga malam hari.

"Dengan semakin mengenal dan suka buku, minat baca dan membeli buku masyarakat Sumut semakin meningkat," katanya.

Bien yang turut didampingi Sekretaris IKAPI Sumut, Asrul Daulay dan sejumlah penerbit,  menyebutkan Sumut termasuk salah satu daerah yang memiliki banyak penulis dan penerbit.
 
"Tetapi dibandingkan tahun - tahun sebelumnya, jumlah penulis dewasa ini menurun sehingga acara pameran buku itu diharapkan kembali meningkatkan penulis,"katanya.
 
Bien menegaskan, sambutan hangat dan dukungan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut, Ferlin Nainggolan meyakinkan IKAPI bahwa jumlah penulis Sumut akan kembali meningkat lagi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut,  Ferlin Nainggolan, mengatakan, pameran itu merupakan bentuk konsisten Sumut untuk meningkatkan minat baca masyarakat. 

“Pemprov Sumut bersyukur, IKAPI mau berpameran di Sumut dan diharapkan meningkatkan minat baca yang akhirnya semakin mencerdaskan masyarakat,"katanya.

Adanya acara bedah buku dengan judul Nasionalisme dan Ketahanan Budaya di Indonesia yang ditulis oleh petinggi di Polda Sumut yakni  I Ketut Suardana dan Putu Cenderawati diharapkan semakin menarik minat pengunjung.

Kehadiran mantan Kepala Polda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw,  yang akan memberikan buku profilenya juga diyakini menambah semarak pameran.***4***

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018