Medan  (Antaranews Sumut) - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Utara menyalurkan bantuan 4.016 ekor sapi potong dan kambing PE atau peranakan Etawa kepada kelompok tani di daerah itu.

"Sebanyak 4.016 ekor itu terdiri dari 2.016 sapi potong dan 2.000 ekor kambing PE.Bantuan itu berupa hibah,"ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut, Dahler Lubis di Medan, Rabu.

Dia mengatakan itu usai melihat kandang penampungan kambing di Desa Dalu X B, Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang dan kandang penampungan sapi di Desa Bandar Marihat, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, Sumut.

Dalam kesempatan itu, Dahler juga menyerahkan bantuan ternak sapi potong sebanyak delapan ekor kepada petani yang tergabung dalam Koperasi CU Batama Abadi di Kelurahan Kerasaan I, Kecamatan Pematang Bandar, Simalungun.

Menurut dia, bantuan ternak itu untuk mendukung terwujudnya ketersediaan dan bahkan swasembada daging di Sumut.  

Dahler menjelaskan,  hingga saat ini, populasi sapi potong Sumut masih berkisar 750.000 ekor.

Sementara untuk bisa swasembada daging, populasi yang tersedia harus berkisar satu juta ekor.

"Jadi, untuk mencapai populasi itu, salah satunya adalah dengan memberikan bantuan ternak kepada petani dan menjalankan program sapi indukan wajib bunting (Siwab),"katanya.

Didampingi Ketua Tim Teknis Dewan Ketahanan Pangan Sumut Prof Bilter Sirait dan Kabid Peternakan, Nurdin Effendi Lubis , Dahler.menyebutkan,  bantuan ternak sapi dan kambing itu diberikan kepada petani melalui kelompok tani/ternak yang telah memenuhi syarat.

Untuk bantuan ternak kambing sebanyak 2.000 ekor diberikan kepada 100 kelompok tani penerima di 20 kabupaten/kota di Sumut sehingga tiap kelompok menerima sebanyak 20 ekor.

Sedangkan untuk bantuan ternak sapi potong yang sebanyak 2.016 ekor diberikan kepada 252 kelompok tani di 23 kabupaten/kota di Sumut.

Pemerintah kabupaten/kota penerima yakni Medan, Binjai, Langkat, Deliserdang, Serdang Bedagai, Karo, Simalungun, Batubara, Labuhanbatu Utara , Labuhanbatu.

Kemudian, Labuhanbatu Selatan, Toba Samosir, Padangsidimpuan, Tapanuli Selatan , Padanglawas, Padanglawas Utara , Mandailing Natal, Tapanuli Tengah, Nias dan Nias Selatan.

Dia menegaskan, program serupa juga dilakukan pada tahun 2017.

Tahun 2017, bantuan ternak kambing sebanyak 2.190 ekor untuk 77 kelompok tani 16 kabupaten/kota.

Selain ternak, bantuan juga diberikan dalam bentuk pakan konsentrat juga untuk satu bulan.

Untuk sapi, pakan konsentrat yang dibagikan sebanyak 480 kg per kelompok, sedangkan untuk pakan kambing sebanyak 450 kg per kelompok.***4***

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018