Lubuk Pakam,  (Antaranews Sumut) -Kepala Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Seituan Kabupaten Deliserdang Suparyono terpilih mewakili Sumatera Utara mengikuti semiloka Koalisi Kependudukan se-Indonesia untuk memaparkan keberhasilan dan inovasi yang dilakukan di desanya.
     
Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pemkab Deliserdang, Rabiatul Adawiyah Lubis di Lubukpakam, Rabu, mengatakan,  keberhasilan Suparyono ini mewakili Sumut untuk memaparkan serta memberikan sosialisasi tentang keberhasilan dan inovasi melalui penggunaan dana desa di desanya.
     
Adapun inovasi dan keberhasilan yang dilakukan seperti mengalokasikan  sebagian dana desa untuk mendukung  program  keluarga berencana di desa yang dipimpinnya, seperti dengan peningkatan penyuluhan kesehatan keluarga,
   
Kemudian untuk honor petugas pelayanan keluarga berencana desa,  biaya pelayanan masyarakat seperti  biaya  perjalanan mengantar  masyarakat yang  membutuhkan pertolongan  ke puskesmas dan ke rumah sakit.
   
Atas keberhasilannya itu Suparyono di undang BKKBN Pusat dan Kementerian Desa untuk melakukan pemaparan  terkait penggunaan  sebagian dana desa  untuk mendukung program KB.
   
 "Keberhasilannya itu akan ia paparkan di Jakarta, 9 Agustus pada acara semiloka Koalisi Kependudukan Se-Indonesia di Bogor" katanya.
   
 Sementara Bupati Deliserdang  Ashari Tambunan  mengatakan pihaknya memberi apresiasi kepada Kepala Desa
Bandar Khalipah,  Suparyono,  mewakili Sumatera Utara ke tingkat nasional.
   
 Ia juga mengingatkan kepada semua kepala desa agar  terus merubah pola pikir masyarakat bahwa pembangunan itu tidak selamanya untuk pembangunan infrastruktur semata, namun tidak kalah penting adalah pembangunan manusianya, salah satunya seperti yang dilakukan Kades Bandar Khalipah itu.
     
"Saya berpesan kepada Suparyono agar tetap menjaga nama baik Kabupaten Deliserdang dan Sumatera Utara nanti selama di acara tersebut," katanya.***4***

 

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018