Samosir,  (Antaramews Sumut) - LIPI menggelar pelatihan tentang teknik budidaya perikanan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Rabu.
   
 Pelaku usaha di "Negeri Indah Kepingan Surga" itu juga diajarkan memproduksi makanan yang sehat dan halal sesuai standar keamanan pangan.
     
Kegiatan yang dilaksanakan 25-31 JUli 2018 dirangkai dengan workshop tentang pengelolaan perairan berkelanjutan dan penandatanganan kesepakatan kerja sama antara LIPI dengan Pemerintah Kabupaten Samosir.
     
Kepala Pusat Penelitian Limnologi LIPI, Dr Ir Fauzan Ali MSc mengatakan, kesepakatan bersama itu sebagai pedoman bagi para pihak dalam mengemban tugas dan fungsi masing-masing guna memberikan sumbangan pada kemajuan pembangunan dan perekonomian di Kabupaten Samosir.
   
 LIPI juga memfasilitasi sertifikasi halal kepada UMKM di Kabupaten Samosir guna mendapat sertifikasi halal untuk produk yang dihasilkan dalam rangka meningkatkan daya saing usaha dan kualitas produk yang dihasilkan.
     
Bupati Samosir diwakili Sekretaris Daerah, Jabiat Sagala mengharapkan para peserta pelatihan dapat mengembangkan dan menerapkan berbagai jenis proses teknologi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah.
     
Pertumbuhan ekonomi katanya, akan menyerap tenaga kerja dalam rangka mengurangi kesenjangan kemiskinan antar wilayah dan pada akhirnya kesejahteraan masyarakat meningkat. 
   
 Sekretaris daerah juga berharap hasil-hasil penelitian LIPI segera dapat diketahui supaya dapat digunakan pihaknya untuk percepatan pembangunan daerah. 
     
"Pemkab Samosir harus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang terintegrasi dengan lembaga-lembaga pemerintah lainnya, salahsatunya adalah LIPI," kata Jabiat Sagala. ***3***

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018