Medan  (Antaranews Sumut) - Bank Sumut berupaya meningkatkan jumlah calon jemaah haji dari sebesar 24 persen yang sudah berhasil  diraih dari total jemaah haji di Sumut pada 2018.

"Jumlah jemaah haji yang berangkat dengan menabung di Bank Sumut memang terus meningkat atau sudah 24 persen dari  8.292 orang total calon jemaah haji Sumut yang berangkat pada 2018," ujar Direktur Bisnis dan Syariah Bank Sumut, Tengku Mahmud Jeffry di Medan, Rabu.

 
Namun peningkatan itu dinilai belum maksimal karena potensi masih besar dan Bank Sumut merupakan bank daerah.

Dia mengatakan itu usai acara penutupan Manasik Haji Akbar yang digelar Bank Sumut kepada 1.991 calon jemaah haji.

Acara penutupan itu antara lain dilakukan dengan acara tepung tawar kepada calon jemaah haji dan pelepasan 1.243 peserta penabung Tabungan Makbul Bank Sumut itu ke berbagai daerah asal.

Sebelumnya sebanyak 748 calon jemaah haji juga sudah selesai dikembalikan ke daerah sehingga total pengikut manasik ada 1.991 orang dari hanya 123 orang pada 2006.

"Untuk meningkatkan jumlah calon jemaah haji, manajemen Bank Sumut terus melakukan promosi dan peningkatan layanan,"katanya.

Manasik haji secara gratis dan berbagai fasilitas bagi calon jemaah haji seperti uang saku  diharapkan membuat kepercayaan masyarakat terhadap Bank Sumut semakin tinggi.

Nasabah Tabungan Makbul per bulan Desember 2017 sebanyak 23.445 orang dengan nominal tabungan Rp43.435.825.005.

"Semoga kegiatan manasik  dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan dalam memahami setiap makna yang terkandung dalam kegiatan ibadah haji,” ujarnya.

Salah seorang peserta manasik haji dari Pematangsiantar, Safrial mengaku bersyukur menabung dan akan berangkat haji dari Bank Sumut.

"Banyak kemudahan seperti manasik haji akbar yang bukan hanya menambah pengetahuan, tetapi juga persaudaraan karena  bergabung dalam manasik,"ujarnya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018