Tebing Tinggi(Antaranews Sumut)- Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan terima audensi consultan Association for Internasional Manpower Devoloment of Medium and Small Enterpreses Japan (iMM) selasa (5/6) dirumah dinas Walikota Jl.Sutomo Tebing Tinggi

Walikota dalam menerima iMM Umaida dan Fauzan didampingi Kadis Pendidikan H.Pardamean Siregar, Kabag Perekonomian Zahidin, Kabag Umum H.Fahmuddin dan Kabag Humas PP H.Abdul Halim Purba.

Kabag Humas PP Abdul Halim Purba menjelaskan cosulltan iMM tersebut menawarkan kerjasama degan Pemko Tebing Tinggi melalui Dinas Tenaga Kerja untuk pelatihan tenaga kerja dari Tebing Tinggi sebanyak 20 orang yang nantinya setelah dilatih akan diperkerjakan pada perusahan di Jepang.

Ada 2 bentuk kerjasama pelatihan yang ditawarkan yakni khusus yang belajar bahasa jepang dan pelatihan tenaga terampil teknik khususnya pada bidang komputer dan tenaga skill lainya seperti cheps dan robotik,namun kunci utamanya harus bisa berbahasa jepang,ujar H.Halim Purba.

Selain hal tersebut iMM, kata Kabag Humas menawarkan kerjasama kepada Walikota tentang kerjasama antar kota (Ichikawa) atau Sister City antara Kota Tebing Tinggi dengan salah satu Kota di Jepang.

Dan kerjasama antar kota ini nantinya secara menyeluruh apa yang bisa dilakukan khususnya di bidang perekonomian kualitas tenaga kerja, ujar H.Halim Purba.

Atas penawaran kerjasama ini H.Halim Purba menjelaskan Walikota H.UmarZunaidi memberikan respon positif dan menyambut baik, dengan harapan akan dapat membantu tenaga kerja asala Tebing Tinggi yang berkualitas dan dapat bekerja di Jepang.

Untuk itu Walikota perintahkan untuk segera membuat profil Kota Tebing Tinggi dalam bahasa Inggris agar lebih mudah dipelajari oleh iMM, khususnya dibidang ketenaga kerjaan dan pendidikan (bea siswa) dan diharapkan Pemko Tebing Tinggi dapat diundang ke Jepang untuk melakukan studi banding.

Disampaikan Walikota hal ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Tebing Tinggi untuk memberdayakan tenaga kerja yang profesional asal Kota Tebing Tinggi, khususnya dikalangan generasi muda,H.Halim Purba.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018