Lubuk Pakam, (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, mendukung program Donasi Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di daerah itu dengan melibatkan Yayasan Medistra dan Rumah Sakit Mitra Medika karena akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Pelaksana tugas Bupati Deliserdang Zainuddin Mars di Lubuk Pakam, Selasa, mengatakan, program tersebut merupakan komitmen bersama dalam mendukung peningkatan derajat kesehatan seluruh masyarakat.

"Program ini sangat penting artinya karenanya atas nama Pemkab Deliserdang, saya menyampaikan terimakasih kepada semua fihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini," katanya usai penandatanganan perjanjian kerjasama program Donasi JKN-KIS bersama Yayasan Medistra dan Rumah Sakit Mitra Medika.

Dalam kesempatan itu ia juga meminta kepada seluruh badan usaha agar secara aktif dan berkesinambungan dapat menyalurkan dana CSR perusahannya, khususnya dalam program donasi JKN-KIS tersebut.

"Ini adalah salah satu wujud partisipasi nyata bagi memberikan jaminan kesehatan kepada saudara- saudara kita dari keluarga tidak mampu yang berada di lingkungannya untuk didaftarkan sebagai peserta JKN-KIS," katanya.

Ia mengakui peningkatan derajat kesehatan masyarakat menjadi salah satu prioritas utama pembangunan Deliserdang yang dalam pelaksanaannya dilakukan lewat pola kebersamaan melibatkan tiga pilar kekuatan antara pemerintah didukung pihak swasta dan partisipasi masyarakat.

Karena jika pemerintah saja diyakini tidak akan mampu karena keterbatasan anggaran, meskipun saat ini APBD Deliserdang mencapai Rp3,7 triliun tetapi belum mampu menyahuti semua tuntutan kebutuhan masyarakat.

Sebelumnya Ketua Yayasan Medistra, Johannes Sembiring, mengatakan, donasi JKN-KIS lewat dana CSR Badan usaha tersebut dirasakan nilainya masih rendah dan diharapkan kedepannya nilainya dapat lebih ditingkatkan.

"Mudah-mudahan kedepan dapat ditingkatkan, sehingga cakupannya tercapai. Kami sangat mendukung program ini dan program-proram lainnya yang bersentuhan dengan kepentingan masyarakat," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018