Sibolga (Antaranews Sumut)- Keseriusan Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk agar daerahnya terhindar dari banjir bukanlah kiasan semata. Selain terjun langsung melaksanakan gotong royong massal membersihkan kawasan Muara Pinang yang menjadi langganan banjir selama ini, Walikota terbang ke Jakarta untuk menemui BNPB pusat agar dilakukan normalisasi sungai Sarudik dan pelebaran parit yang ada di Sibolga.

Keberangkatan Walikota Sibolga ke Jakarta mendapat pendampingan dari Kepala BPBD Sumut Ir. Riadil Lubis, dan diterima langsung oleh Sekretaris Utama BNPB Ir. Dodi.

“Kami kemarin sudah bertemu langsung dengan BNPB pusat di Jakarta bersama dengan pak Riadil Lubis selaku Kepala BPBD Sumut, dan mendapat sambutan  positif dari BNPB. Kita berdoa agar laporan dan permohonan yang sudah kita sampaikan segera terealisasi. Karena masalah banjir Sibolga hanya dapat diatasi dengan cara normalinsasi sungai Sarudik dan pengerukan parit-parit dan pelebaran,”katanya Kamis pagi.

Syarfi mencontohkan, dengan adanya gotong-royong massal membersihkan parit-parit di kawasan Muara Pinang beberapa waktu lalu, sudah terlihat hasilnya air tidak meluap lagi seperti waktu dulu.

“Untuk itulah kita berkeyakinan, dengan adanya normalisasi itu, maka kawasan banjir selama ini dapat teratasi. Demikian juga dengan peristiwa longsor yang terjadi di Sibolga sudah kita laporkan semuanya kepada BNPB pusat. Dan saya menghimbau masyarakat agar jangan membuang sampah ke parit supaya jangan tersumbat dan yang tinggal di perbukitan agar selalu waspada dan hati-hati. Marilah sama-sama kita jaga kebersihan kota kita ini,”ajak Syarfi.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018