Samosir,  (Antaranews Sumut) - Komisioner lembaga penyelenggara Pemilu di Kabupaten Samosir mengingatkan ASN jajaran pemerintahan setempat untuk tetap menjaga kenetralan pada Pilgub Sumatera Utara tahun 2018.

"Hati-hati menggunakan simbol jari, sebab bisa dimaknai berbeda," kata Komisioner KPU, Fernando Sitanggang, di Pangururan, Rabu.
 
Dia juga mengimbau elemen masyarakat tidak memberikan pemahaman secara berlebihan dengan simbol jari para pengabdi negara dan masyarakat itu ke ruang publik.

Kecuali katanya, ASN foto bersama pasangan calon, mengunggah foto pasangan calon ke media sosial,  menyukai status atau memberi komentar pada akun media sosial pasangan calon.

"Ini akan menjadi masalah," katanya.

Ketua Panwaslih Samosir, Anggiat Sinaga mengajak ASN turut mensukseskan Pilgub Sumut dengan tidak terlibat dalam politik praktis, mendukung kandidat tertentu atau menjadi tim sukses.

Menurutnya, sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat, secara umum ASN tidak boleh melakukan politik praktis sesuai Pasal 2 huruf f Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014.

"Tahapan kampanye Pilgub Sumut saat ini sedang berlangsung, mari jaga etika," imbuhnya. ***2***

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018