Deliserdang,  (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, memberikan motivasi kepada para kepala desa yang baru terpilih sehingga mampu menjalankan tugasnya dengan sebaiknya dalam upaya membangkitkan perekonomian masyarakat.

"Kepala Desa adalah ujung tombak keberhasilan pemerintahan dan pembangunan di negara ini khususnya di Deliserdang. Kepala desa adalah orang-orang pilihan yang tentunya harus mampu menjadi panutan," kata Plt Bupati Deliserdang, Zainuddin Mars di Lubuk pakam, Senin.

Hal itu ia sampaikan terkait digelarnya pembekalan tugas dan fungsi kepala desa terpilih yang diikuti sebanyak 76 kepala desa dari 19 kecamatan yang ada di daerah itu.

Ia mengatakan, para kepala desa harus konsentrasi penuh dalam menjalankan amanah yang diberikan semata-mata untuk peningkatan kesejahteraan masyarkaat, karena kepercayaan masyarakat dengan memilih sosok kepala desa harus di jaga dengan sebaiknya.

Rakyat mengiginkan sesuatu yang berarti bagi kehidupan mereka tidak sekedar memilih, dan mendudukkan kepala desa, lebih jauh dari itu mereka sangat berharap kebijakan-kebijakan yang dilakukan kepala desa dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di desa.

Kepala desa adalah ujung tombak pemerintah yang langsung berkaitan dengan masyarakat, untuk itu kepala desa harus lebih peka dan jeli dalam menyikapi apa yang menjadi keinginan masyarakat desa yang dipimpinnya, terutama berkaitan dengan administrasi kependudukan.

"Kepala desa adalah perpanjangan tangan dari pemerintah untuk memperhatikan semua aspek kehidupan masyarakat. Kepala Desa adalah pemimpin langsung masyarakat diwilayahnya, jadi bekerjalah dengan tulus iklas dan mengedapankan program program yang mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat," katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Citra Efendi Capah, mengatakan pembekalan yang digelar selama tujuh hari mulai 22 hingga 28 April 2018 tersebut dibagi dua kelas yang diikuti 76 kepala desa dari 19 kecamatan.

"Adapun materi pembekalan untuk meningkatkan kemampuan para kepala desa dan memahami tugas-tugas sebagai kepala desa, latihan disiplin, etika, moral tata krama," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018