Serdang Bedagai, (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, mendorong pada pedagang kecil untuk bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dalam memasarkan berbagai produk dagangannya sehingga jangkauan pemasaran dapat lebih luas.

"Kemajuan teknologi harus bisa dimanfaatkan. Misalnya dapat digunakan untuk melakukan promosi sehingga daya jangkau pemasaran dapat lebih luas lagi," kata Bupati Serdang bedagai Soekirman di Perbaungan, Kamis, terkait diresmikannya Pasar Desa Bersaudara Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Madani Desa Melati II Kecamatan Perbaungan.

Ia mengatakan dengan perkembangan teknologi yang kini mulai masuk ke pedesaan, mulai membuat lemah transaksi secara langsung karena pembeli kini dengan mudah jika menginginkan suatu barang atau makanan.

"Kini tidak perlu jauh jauh mencari barang, dengan menggunakan "Smart Phone" pembeli dengan mudah dan gampang membeli sebuah barang yang inginkan," katanya.
Baca juga: Bupati terima kunker forum staf ahli Jawa Tengah

Kemajuan teknologi, lanjut dia, saat ini sangat berdampak pada penurunan pendapatan pedagang tatap muka, maka dengan berdirinya Pasar Desa Bersaudara tersebut diharapkan mampu mendongkrak kembali penghasilan pedagang tatap muka.

Namun juga tidak menutup kemungkinan pedagang tatap muka ikut memanfaatkan kemajuan teknologi dengan memasarkan dagangannya lewat internet yang biasa dikenal orang dengan sebutan Online Shop.

"Kami juga mengharapkan pengelola Pasar Desa Bersaudara BUMDes Madani agar selalu bekerjasama dan bersinergi dengan pedagang serta terus meningkatkan promosi agar menarik minat para pembeli untuk datang dan berkunjung di tempat itu," katanya.

Baca juga: Alih fungsi lahan ancam penurunan produksi pertanian

Sementara Tenaga Ahli Pembanguanan Partisipatif (TA-PP) Erdian Wirajaya mengatakan pihaknya mendukung apa yang telah dilakukan BUMDes Madani dengan membuka Pasar bersaudara tersebut.

"kami yakin apa yang dilakukan itu nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan pedagang kecil dan menengah," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018