Binjai (Antaranews Sumut) - Sebanyak 3.115 elektronik kartu tanda penduduk (E-KTP) dibagikan kepada seluruh siswa yang ada di Kota Binjai, Sumatera Utara, setelah sebelumnya dilakukan perekaman dan pendatan di sekolah masing-masing.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Binjai Taufik Bahagia, di Binjai, Kamis.

Taufik menjelaskan sudah kita bagikan kartu tanda penduduk tersebut diharapkan nantinya akan bermamfaat buat mereka, terutama juga dalam mempergunakan hak pilihnya pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara yang akan digekar secera serentak 27 Juni mendatang.

Baca juga: Jangan takut berinovasi tingkakan PAD

"Mereka yang menerima KTP ini yang sudah memasuki usia 17 tahun, yang sebelumnya sudah diambil data dan sidik jarinya," katanya.

Taufik juga menambahkan penyerahan KTP ini para siswa bisa tetap menyalurkan hak suaranya tanpa terganjal administrasi elektronik KTP.

Seperti yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Binjai telah dibagikan 100 kartu tanda penduduk kepada para siswa yang berhak menerimanya, ujarnya.

Angga Syahputra salah seorang siswa penerima kartu tanda penduduk mengatakan sangat beryukur dengan adanya perekaman dan penyerahan secara langsung oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Mereka berharap dengan adanya elektronik KTP ini membuat mereka bisa menggunakan nantinya hak suara mereka pada pilkada serentak Juni mendatang sebagai pemilih pemula.

"Selain itu dengan adanya KTP ini kami juga bisa mempunyai indititas diri dimana sewaktu-waktu ada razia ataupun dibutuhkan untuk urusan lainnya kami bisa menunjukkannya," katanya.

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018