Tapteng (Antaranews Sumut)- Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) KE 44 dan Festival Seni Qasidah  (FSQ) KE-29 Tingkat Kabupaten Tapteng akan digelar pada hari Kamis tanggal 5 April 20 di Lapangan Merdeka Kecamatan Barus.

kepada pemenang juara I MTQ putra/i dewasa dan remaja disediakan hadiah Umroh gratis ke Tanah Suci dan uang pembinaan. Sedangkan kepada juara II diberikan sepeda motor dan juga uang pembinaa.

Demikian dikatakan Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani sewaktu memberikan sambutan dalam acara lomba kreasi TK/RA/PAUD se Tapteng dan Sibolga yang diselenggarakan oleh MIN Sibuluan, Selasa.

"Hadiah MTQ tahun ini sengaja berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dengan harapan para kafilah lebih semangat lagi untuk belajar dan mengikuti kegiatan tersebut. Dan kepada pemenang Festiaval Seni Qasidah  (FSQ) KE-29 juga diberikan hadiah dan uang pembinaan,"kata Bupati.

Kenapa kegiatan MTQ di pusatkan di Barus? Tanya Bupati, bukan karena Barus kampung halaman Bupati, melainkan kegiatan tersebut sifatnya berganti tempat setiap tahunnya.

"Jadi kami mengundang masyarakat agar sama-sama menyaksikan dan mengikuti pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) KE 44 dan Festival Seni Qasidah  (FSQ) KE-29 Tingkat Kabupaten Tapteng yang akan digelar pada hari Kamis tanggal 5 April 20 di Lapangan Merdeka Kecamatan Barus,"ajak Bupati.

Sementara itu Ketua Ketua Umum Panitia MTQ dan FSQ Tapanuli Tengah Aris Sutrisno menambahkan, bagi Juara I Tilawah Dewasa Putra Putri dan Juara I Remaja Putra serta  Juara I Tilawah anak anak Putra Putri akan diberikan hadiah tambahan  Televisi 24 Inchi.

Sementara untuk Cabang Tartil Al-Quran hadiah tambahan berupa Televisi 24 Inchi, HP Android 4G, sepeda Mini, HP Nokia BW. Cabang Hifzil  Al-Quran hadiah tambahan Sepeda Motor, Televisi 24 Inchi, HP Nokia BW, HP Nokia Android 4G. Festival Seni Qasidah hadiah tambahan uang pembinaan Rp10 juta rupiah, HP android 3G, HP Nokia BW, HO Samsung Lipat.

Cabang Fahmil Al-Quranhadiah tambahan televisi 24 Inchi, HP 3G, HP Samsung Lipat, HP Nokia BW. Cabang Syahril Al-Quran hadiah tambahan televisi 24 Inchi, HP 3G, HP Samsung Lipat, HP Nokia BW, HP 3G. Cabang Khottil Al-Quran hadiah tambahan televisi 32 Inchi, televisi 24 Inchi, HP android 4G, HP Nokia BW, HP Android 4G.

Untuk lomba hias hadiah tambahan Televisi 32 Inchi, Televisi 24 Inchi, HP Nokia BW, HP Android 4G dan lomba dekorasi hadiah tambahan televisi 32 inchi, televisi 24 inchi, HP Android 4G, HP Nokia BW.  Bagi seluruh pemenang  akan diberikan diberikan piagam penghargaan dan piala tetap dan piala bergilir.

"Dengan beragam hadiah tambahan yang disiapkan Panitia memacu semangat dan memotivasi para kafilah sehingga ajang  MTQ  dan FSQ  Tapteng melahirkan qori-qoriah, hafidz-hafidzah yang akan membawa harum Kabupaten Tapteng  di tingkat Provinsi maupun Tingkat Nasional. Karena sesungguhnya inilah tujuan dilaksanakannya MTQ dan FSQ serta memahami dan menghayati serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an dalam kehidupan sehari hari,"katanya.

Kegiatan ini juga akan dihadiri penyanyi Religi Opick dari Jakarta dan pembaca ayat suci Al-Qur’an, H. Muammar Z.A Qori Internasional dan Jakarta, dan Tausyiah Drs Kamdin Selian
 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018