Tanjungbalai (Antaranews Sumut) - Menyemarakan HUT Pangkalan Angkatan Laut Tanungbalai Asahan (Lanal TBA) ke 13 menggelar lomba mancing teknik dasaran, berlokasi di perairan Selat Malaka atau sekitar 9 mil Bagan Asahan.

Komandan Lanal TBA Letkol Laut (P) Yudo Ponco Ari di Tanjungbalai, Sabtu mengatakan, tujuan lomba mancing itu untuk menjalin silaturahmi antarsesama warga dan TNI-AL serta menumbuh kembangkan kecintaan masyarakat terhadap laut yang kaya akan potensi sebagai salah satu sumber daya alam yang wajib dijaga kelestariannya.

Menurut Danlanal, lomba mancing tekhnik dasaran itu digelar pihaknya pada Minggu (11/3) lalu dan diikuti sebanyak 50 pemancing dari kalangan masyarakat umum dan dibagi menjadi 5 kelompok.
Panitia bersama peserta diberangkatkan pada pukul 06.00 WIB dari Mako Lanal TBA Jalan Tanjung Berombang Desa Asahan Mati Kabupaten Asahan menuju Panton Bagan Asahan.

Kemudian panitia dan peserta lomba mancing dengan menumpangi lima kapal nelayan yang telah disiapkan diberangkatkan menuju spot pemancingan pada posisi 03-07'80" U - 099-58'00" T, perairan Selat Malaka.
"Sekitar pukul 09.00 WIB seluruh peserta tiba di spot pemancingan, kemudian lomba mancing dinyatakan dimulai hingga pukul 17.00 WIB dengan target ikan terberat," ujar Danlanal.

Hasil lomba tersebut, kata Danlanal, keluar sebagai pemenang yaitu, Juara-I Hasbun jenis ikan pari seberat 2,245 kilo gram (kg), Juara II Toni Julham (pari) seberat 1,77 kg, Juara-III Yan Aswika jenis ikan Kerapu seberat 0,905 kg.

Selanjutnya, Juara-IV Hendra Wijaya jenis ikan Jinaha seberat 0,825 kg, Juara-V Afriandi (Pari) seberat 0,800 kg dan Juara VI Amri Bastian (Kerapu) seberat 0,620 kg, serta pemancing ikan terbanyak atas nama Hermansyah dengan total tangkapan sebanyak sebelas) ekor.

"Seluruh pemenang lomba telah menerima hadiah berupa lemari es, televisi, mesin cuci, air conditioner, dispenser dan kompor gas yang diserahkan usai acara jalan sehat pada puncak HUT Lanal TBA KE-13 yang akan dilaksanakan pada Minggu, 18 Maret 2018," ungkap Danlanal Letkol Laut (P) Yudo Ponco Ari.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018