Aekkanopan (Antaranews Sumut) – KPAI Labuhanbatu Utara mengapresiasi Camat Kualuhhilir H Abd Fattah Siregar SSos yang sigap dan peduli terhadap persoalan anak di daerahnya. Hal itu dikatakan Ketua KPAI Labuhanbatu Utara Ahmad Ardiansyah Harahap SH dan  Wakil Ketua Drs H Khairuddin Marpaung kepada Antara, Selasa.

“Kita mengapresiasi kepedulian Camat Kualuhhilir terhadap persoalan anak di daerahnya,” katanya merujuk sambutan dan sikap cepat tanggap camat ketika komisioner KPAI dan perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Labura datang ke daerah pesisir itu sehari sebelumnya.

Berkat bantuan camat, KPAI sukses melaksanakan misinya ke kecamatan itu dalam rangka menindaklanjuti persoalan anak yanghg terjadi beberapa waktu lalu. Tanpa dukungan dan bantuan, tentu gerak dan langkah komisioner itu lebih lambat.

“Kalau tidak dipandu, tentu kita akan lama menemukan rumah yang mau kita tuju. Tapi karena bantuan camat melalui stafnya, kita dapat lebih mudah menyelesaikan tugas,” sebutnya sambil menambahkan kedatangan mereka dalam rangka menindaklanjuti kasus yang dilaporkan ke lembaga itu.

Camat Kualuhhilir sendiri pada hari itu tidak bisa mendampingi para komisioner karena ada tugas lain yang tak dapat diwakilkan. Namun ia memerintahkan beberapa stafnya untuk mendampingi dan memandu komisioner mengunjungi rumah yang dituju.

Abd Fattah juga berjanji akan memfasiliti pertemuan para kepala desa dan kepala dusun dengan KPAI. Tujuannya, agar para pimpinan pemerintahan di tingkat paling dasar itu dapat memahami dan mengetahui bagaimana bersikap saat menemukan kasus menyangkut anak.

“Insya Allah kita siap memfasilitasi. Karena mungkin kepala desa dan kepala dusun kurang memahami bagaimana menangani kasus yang menimpa anak,” kata pria yang dikenal ramah tersebut saat berbincang dengan para komisioner yang datang ke kecamatannya.

 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018