Langkat (Antaranews Sumut) - Warga Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, yang bekerja di luar negeri sekarang ini mencapai 2.193 orang baik yang bekerja selaku operator perusahaan, perkebunan, bangunan mau pun restoran.

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Dinas Ketenagakerjaan Pemkab Langkat Hakbar Nasution, di Stabat, Selasa mengatakan, dari 2.193 orang itu, yang bekerja diluar negeri terutama di Malaysia itu terdiri dari 494 orang laki-laki dan 1.699 orang perempuan.

"Itu yang melalui instansi yang terdaftar sementara melalui instansi lainnya seperti BP3TKI belum diketahui secara pasti karena mereka langsung berhubungan, namun bila ada masalah terhadap tenaga kerja tersebut barulah kita diberitahu," katanya.

Baca juga: Harga jual GKP padi petani Langkat Rp4.900/kg

Ia menambahkan, secara keseluruhannya pencari kerja yang terdaftar di instansinya sekarang ini mencapai 4.894 orang yang terdiri dari laki-laki 2.212 orang dan perempuan 2.682 orang, sedangkan yang sudah ditempatkan sebanyak 2.973 orang.

Dari data yang ada itu terdapat pencari kerja yang belum ditempatkan yaitu 1.280 orang laki-laki dan 641 orang perempuan sehingga keseluruhannya ada 1.921 orang.

"Belum adanya penempatan kerja tersebut dikarenakan berbagai perusahaan yang ada di Langkat belum membuka lowongan kerja selain itu lowongan kerja keluar daerah juga belum dibuka, sehingga mereka belum bisa berangkat," ujarnya.

Meski demikian, pihaknya belum dapat memberikan skill dan pengetahuan tambahan buat para pencari kerja itu karea terhambat karena anggaran yang dialokasikan.

"Untuk tahun ini tidak ada lagi sosialisasi mengenai ketenagakerjaan karena anggaran untuk itu tidak ditampung di APBD Langkat," ucapnya.

(T.KR-IFZ/C/I023/I023) 20-03-2018 19:06:43

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018