Langkat (Antaranews Sumut) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, menetapkan 705.769 daftar sementara pemilih yang akan memperguanakan hak pilihnya pada pemilihan kepala daerah setempat yang akan digelar 27 Juni mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Komisioner Komisi Pemilihan Umum Langkat Agus Arifin, di Stabat, Senin.

Agus Arifin menjelaskan daftar pemilih sementara ini berdasarkan hasil coklit yang telah dilaksanakan Petugas Pemutakhirann Data Pemilih (PPDP), dimana ini juga untuk DPS pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara.

"Jadi sudah kita tetapkan daftar pemilih sementara yang dilakukan dalam pleno yang dilaksanakan dimana 705.769 pemilih yang terdiri dari 353.944 pemilih laki-laki dan 351.825 pemilih perempuan, yang akan mempergunakan hak pilihnya," katanya.

Selain itu KPU juga menetapkan sebanyak 1.861 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 23 kecamatan dan 277 desa dan kelurahan yang ada di kabupaten ini, daftar pemilh ini hanya bersifat sementara dan akan terus diperbaiki oleh KPU kalau ada perkembangan lain.

Baca juga: Langkat 100 nominator kabupaten smart city

Ketua Komisi Pemilihan Umum Langkat itu menambahkan adanya jumlah pemilih potensial non kartu tanda penduduk (KTP) elektronik sebanyak 77.083 pemilih yang terdiri dari 39. 705 pemilih laki-laki dan 37.378 pemilih perempuan.

Agus Arifin menegaskan jumlah pemilih ini bisa saja berkurang dan bisa juga bertambah karena apa yang ditetapkan ini hanya bersifat sementara.

Sementara itu Komisioner KPU lainnya Tengku Benyamin menyampaikan hasil rekapitulasi daftar pemilih potensial non KTP ini tersebar di seluruh kecamatan Langkat sesuai dengan rincian formulir model A.C3-KWK. Untuk itu pihaknya akan segera mengirimkan daftar non pemilih KTPP ini kepihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat.

Benyamin juga menjelaskan pihak KPU Langkat sudah menyerahkan daftar pemilih sementara ini kepada pasangan calon Bupati Langkat dan Wakil Bupati nomor urut satu Terbit Rencana Peranginangin-Syah Afandin dan pasangan nomor urut dua Rudi Hartono Bangun-Budiono.

Selain itu juga diserahkan kepada pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, pasangan nomor urut satu Edy Rahmayadi-Musa Rejeckshah dan pasangan nomor urut dua Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus.

(T.KR-IFZ/B/T013/T013) 19-03-2018 06:21:23

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018