Langkat (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, sedang menuju dunia birokrasi digital dengan meluncurkan program "Smart Regency" melalui aplikasi e-laga, e-kecamatan, dan e-pasar.

Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat Indra Salahuddin, di Stabat, Jumat, mengatakan, sesuai UU Nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) maka Pemkab sebagai instansi pelayan publik di daerah, wajib dan bertanggung jawab dalam mengadopsi serta menggunakan aplikasi pelaporan masyarakat untuk kepentingan masyarakat.

Baca juga: KPU sosialisasikan bahan kampanye

Itu juga sesuai dengan target pencapaian rencana aksi Korsup Pencegahan korupsi terintegrasi Kabupaten Langkat yang di kawal oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Untuk itu pihaknya meminta Dinas Komunikasi dan Informatika Langkat sebagai leading sektor di bidang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), harus benar-benar bertanggung jawab dalam mengawal transformasi birokrasi manual menuju dunia birokrasi digital yang akan melaksanakan sosialisasi tentang tiga aplikasi e-government.

Ketiga aplikasi tersebut adalah e-laga (Langkat Siaga) yanh merupakan kanal layanan aspirasi dan pengaduan online yang memudahkan masyarakat agar dapat berperan aktif mengawal jalannya roda pemerintahan, serta melaporkan situasi dan kinerja ASN secara realtime.

Selanjutnya e-kecamatan dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan publik yang berhubungan dengan administrasi kecamatan dan e-pasar untuk memudahkan masyarakat dalam memasarkan produk-produk ekonomi unggulan yang ada di daerahnya secara on-line, katanya.

?"etiga aplikasi tersebut dibangun untuk memudahkan masyarakat dalam berurusan dengan birokrasi pemerintahan serta untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Baca juga: 534 Pelajar Ikuti Lomba Azan

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Langkat Syahmadi menjelaskan upaya pemkab melalui Diskominfo untuk pelayan publik di era yang berbasis elektronik, sebab pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi digital, dalam proses pemerintahan akan meningkatkan efesiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan.

"Bahkan saat ini, seluruh daerah dari mulai pemerintah pusat sampai ke daerah berlomba untuk bersaing dalam pemanfaatan teknologi sebagai salah satu alat reformasi birokrasi," katanya.

Karena hal itu memang sangat diperlukan untuk mewujudkan pelayanan publik yang cepat, tepat, efektif dan efisien, sehingga masyarakat merasa terlayani dengan cepat dan tepat sasaran, sambungnya.

Untuk itu, masyarakat dapat menyalurkan aspirasi melalui layanan aplikasi android Langkat Siaga, yang sudah tersedia dengan mengunduh google play store atau dapat menghubungi call center (061) 8912077.

(T.KR-IFZ/B/I023/I023) 16-03-2018 08:15:35

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018