Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Pesantren Darul Mursyid (PDM) beralamat di Sidapdap Simanosor, Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan berhasil juara dua pada Olimpiade Kimia USU 2018.

Kepala divisi pembinaaan kejuaraan sains PDM Ahmad Suheili Pulungan di Sipirok, Selasa, mengatakan  siswa yang berhasil juara dua di OKI USU 2018 tersebut atasnama Nurmawaddah.

Event tersebut katanya diikuti lebih kurang 140 orang peserta minggu lalu berasal/bersaing dari sekolah-sekolah SMA umum terbaik di Sumatera Utara, seperti SMA Sutomo Medan, SMA Panglima Polim Rantau Prapat dan lainnya.

"PDM satu-satunya sekolah pesantren yang ikut dalam event bergengsi tersebut, alhamdulilah dapat juara dua,"tuturnya. Sedang juara SMA Sutomo/juara tiga SMA Panglima Polem Rantau Parapat.

Menurut Suheili prestasi yang diraih anak didiknya Nurmawaddah siswi aliyah tersebut sudah mengahrumkan kembali PDM yang dinilai mampu bersaing dengan sekolah unggulan lainnya di Sumut.

 Sementara Jafar Syahbuddin Ritonga selaku direktur PDM, mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang telah ditorehkan anak didiknya dalam OKI 2018 ini.

“Terimaksih kepada anak kami Nurmawaddah yang telah mempersembahkan kemampuan terbaiknya sehingga mengharumkan nama sekolah disamping keluarga sendiri,"ucapnya.

Dijelaskan Jafar bahwa kurun waktu 25 tahun PDM dibawah Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir) sudah memiliki segudang prestasi utamanya di bidang sains.
    
“Seperempat abad PDM telah berkiprah menorehkan prestasi-prestasi sains hingga  skala  Nasional. Semoga PDM lebih maju dan lebih bermanfaat bagi ummat,”pungksnya Jafar alumni S3 USM Penang Malaysia ini. 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018