Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Kementerian ESDM RI melalui Dirjen Energi Baru Terbarukan-Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana bersama Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 53 Kilowaatt (53 ribu watt) di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan. 

Peresmian PLTMH yang menelan dana sekitar Rp 4 milyar itu berada di Desa Silangkitang Tambiski (7 dusun), Kecamatan Saipar Dolok Hole, Tapanuli Selatan, Sabtu, yang ditandai penandatanganan bersama batu prasasti oleh Dirjen EBTKE Rida Mulyana-Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu-Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu. 

Baca juga: Lokakarya Program GGP, "Arif mengelola perkebunan kelapa sawit merupakan keharusan"

Dirjen EBTKE Rida Mulyana dalam sambutannya, mengatakan tidak menyangka begitu meriahnya sambutan yang diberikan warga atas kehadirannya di desa tersebut."Terimakasih pak bupati dan terimakasih masyarakat Silangkitang Tambiski atas sambutan meriahnya,"ucapnya. 

Baca juga: Pelestarian ekosistem Batangtoru selaras dengan pengelolaan SDA

"Saya sudah turun dengan program yang sama ke sejumlah daerah Kalimantan Utara, Tobasa, Sulawesi, Papua Barat, pedalaman Sumatera Selatan dan lainnya baru di desa Silangkitang ini sambutan masyarakatnya seperti ini,"katanya. 

Ia juga menyatakan bahwa terealisasinya program PLTMH di Tapanuli Selatan tidak lepas andil kuat Ketua Komisi VII DPR-RI (Gus Irawan Pasaribu) selaku mitra kerja Kementerian ESDM. 

Dirjen meminta masyarakat untuk menjaga dan merawat semua prasarana PLTMH agar tetap awet. Karena sumber dananya juga berasal dari rakyat dan kembali ke rakyat. Kemudian, debit air dijaga dengan tidak menebangi hutan sebagai sumber utama air. 

Sementara Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M. Pasaribu, mengatakan kehadiran PLTMH tidak lepas tingginya perhatian masyarakat daerah itu yang pro aktif secara swadaya juga ikut membantu percepatan pembangunan PLTMH tersebut. 

"Saya optimis satu dua tahun kedepan kehadiran PLTMH akan dapat mendongkrak perekonomian warga dengan membangun sentra-sentra ekonomi baru dengan memanfaatkan tenaga listrik,"sebutnya. 

Sementara Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu, mengucapkan terimakasih kepada Kementerian ESDM yang telah mengalokasikan dana membangun PLTMH di salah satu wilayah daerah pemilihannya Sumut II Tapanuli Selatan. 

Setelah melihat geografis desa dan potensi industri desa dengan adanya PLTMH, Gus Irawan juga akan memprogramkan mesin pengolahan kopi ke desa itu, mengingat rata-rata masyarakat Silangkitang Tambiski rata-rata memiliki kebun kopi. 

Peresmian PLTMH ini dihadari juga Sekda Tapsel Parulian Nasution, Ketua TP. PKK Tapsel Syaufia Lina Syahrul M. Pasaribu,
Staf ahli Kementerian ESDM, Dirut Aneka EBTKE, DPRD Tapsel, Kabag Humas/protokol Isnut Siregar, DPRD Tapsel dan pejabat jajaran PemkabTapsel.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018