Tanjungbalai (Antaranews Sumut) - Ketua Komisi Pemilihan Umum/KPU diduga menerima suap dari salah satu pasangan calon Gubernur Sumatera Utara, akibatnya ratusan massa melakukan unjuk rasa ke kantor KPU Kota Tanjungbalai, namun berhasil dihalau polisi daerah setempat.
          
Hal itu terjadi dalam simulasi Sispam Kota baik sebelum dan setelah pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 yang digelar Polres Kota Tanjungbalai, Sabtu, di halaman Mapolres setempat.
          
Kapolres Tanjungbalai AKBP Tri Setyadi Artono mengatakan, simulasi tersebut merupakan bagian dari Sistim Pengamanan (Sispam) Kota untuk mengamankan daerah itu dari berbagai gangguan keamanan dalam setiap tahapan Pilkada.
          
"Kegiatan hari ini adalah latihan atau uji coba kesiapan personil dan perlengkapan untuk mengamankan berbagai tahapan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara di Kota Tanjungbalai," ujar Tri Setyadi di dampingi Ketua KPU Amrizal dan Ketua Panwaslih Dedi Hendrawan.
         
Dalam kesempatan itu, Kapolres juga mengimbau semua pihak agar terlibat dan berpartisipasi menyukseskan pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara 2018.
          
Pantauan dilapangan, simulasi antisipasi berbagai kemungkinan yang akan terjadi prapilkada dan pascapilkada itu melibatkan personil Tondalmas, Brimob serta kalangan warga dan pelajar dibagi dalam empat segmen kegiatan.
          
Segmen pertama pengamanan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang sedang melakukan kampanye tiba-tiba diserbu sekelompok masa. Kemudian pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari amukan seorang warga yang tidak dibolehkan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), untuk memberikan hak suara karena tidak memiliki undangan mau pun KTP-Elektronik.
         
Selanjutnya, penangkapan dua orang pria yang melakukan perampasan kotak suara dari petugas KPPS, serta aksi pengendalian dan membubarkan massa pengunjuk rasa yang menuding Ketua KPU menerima suap sehingga melakukan aksi anarkis di depan gedung KPU Kota Tanjungbalai.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018