Medan  (Antaranews Sumut) - Seluruh camat, lurah dan kepala lingkungan di Kota Medan diminta untuk membantu Komisi Pemilihan Umum dan Panitia Pengawas Pemilu kesuksesan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018.

"Diharapkan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut Periode 2018-2023 berjalan dengan sukses dan lancar," kata Wali Kota Medan HT Dzulmi Eldin, ketika menutup Rapat Koordinasi Ketenteraman dan Ketertiban Umum di Kota Medan Terkait Penyelenggaraan Pilkada Sumut di Medan, Kamis.

Wali kota mengatakan, ketiga unsur Pemkot Medan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat itu, dapat membantu penyelenggara pilkada yakni KPU dan Panwaslu) untuk melaksanakan seluruh tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumut.

"Dukungan tersebut, sangat diperlukan agar penyelenggaraan pilgub 2018 di Kota Medan berlangsung dengana aman dan sukses," ujarnya.

Eldin tidak mau mendengar kabar ada camat, lurah dan kepala lingkungan yang tidak mendukung penyelenggaraan pilkada tersebut.

Camat, lurah dan kepala lingkungan merupakan pelayan masyarakat dan bertanggung jawab dalam mengawal pelaksaan Pilgub Sumut.

"Kita mau kesuksesan dan kelancaran Pilgub Sumut 2018 diikuti dengan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif," ucapnya.

Ia mengatakan, guna mengihindari terjadinya kecurangan yang mungkin saja terjadi di tiap-tiap TPS, diminta agar camat, lurah, dan kepala lingkungan berkoordinasi dengan Babinsa dan Babinkantibmas untuk mengawal jalannya pemungutan suara di wilayahnya masing-masing.

"Apabila koordinasi dan komunikasi terus kita lakukan dengan baik, insya Allah pelaksanaan Pilgub Sumut 2018 berjalan dengan aman dan lancar," katanya.

Wali Kota juga mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga kerukunan antarumat beragama di Medan, serta tidak boleh merendahkan dan menghina antarpenganut agama.

Seluruh kepala lingkungan diminta untuk membantu KPU menyampampaikan formulir C-6 kepada masyarakat.

Baca juga: Eramas 1, Djoss 2

"Jangan ada kepala lingkungan yang menghambat penyaluran formulir C6 tersebut," kata Wali kota Medan.

Ketua KPU Medan Herdensi Adnin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkot Medan yang telah menunjukkan komitmen penuh dalam menyukseskan Pilgub Sumut.

Baca juga: Polda Simulasi Sispam Pilkada

Rapat koordinasi itu merupakan wujud dari dukungan pemkot terhadap penyelenggara Pilgub Sumut 2018 di Kota Medan.

"Sampai 18 Februari nanti, Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. Tentunya, dibutuhkan dukungan dari aparat di lingkungan, kelurahan, mau pun kecamatan untuk menghasilkan data pemilih yang berkualitas," kata Adnin. ***2***

(T.M034/B/I023/I023) 15-02-2018 21:23:23

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018