Tapanuli Selatan (Antaranews Sumut) - Sekitar dua puluh 20 hekatare luas hutan di kecamatan Angkola Sangkunur, kabupaten Tapanuli Selatan terbakar.

Informasi kepada Antara di Tapanuli Selatan, Kamis, mengatakan hutan yang terbakar itu berlokasi di jalan lintas barat kelurahan Rianiate, kecamatan Angkola Sangkunur. Titik kordinat N.01.33707 E.98.97524.

"Indikasinya sengaja dibakar,"kata Kasatpol Pamong Praja Tapanuli Selatan Zulkifli Harahap melalui sekretaris Joni Gumansi yang mengatakan peristiwa itu sudah dilaporkan ke pemerintah daerah setempat.

Menurut dia status lahan yang ter(di) bakar itu adalah lahan masyarakat yang tofografinya bukit terjal vegetasi semak belukar/anak kayu dengan jenis kebakaran permukaan.

Untuk mengantisipasi api tidak melebar sejumlah petugas sudah tengah berjuang untuk memadamkan api dari sisa bara api dari areal hutan terbakar tersebut.

Ia mengatakan hingga pagi ini Kamis pihaknya dengan mengerahkan mobil pemadam kebakaran dibantu aparat lainnya masih terus berjuang agar api bisa dipadamkan seluruhnya.

Menurut dia, petugas yang terlibat memadamkan api tersebut seperti dari Manggala Agni berjumlah 13 orang, personil TNI dari Koramil Batangtoru, personil aparat kepolisian sektor Batangtoru tambah petugas pemadam kebakaran Tapanuli Selatan.

Lanjut dikatakannya bahwa hujan ringan yang turun saat iniĀ  dilokasi sedikit membantu pemadaman dengan berkurangnya api dan bara api di medan-medan yang sulit dijangkau karena cukup terjal.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018