Kotapinang (Antaranews Sumut) - Warga Desa Asam Jawa Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan menggelar musyawarah rencana pembangunan atau Musrenbang Desa untuk menyerap aspirasi pembangunan dari masyarakat .

Dalam kegiatan tersebut dihadiri unsur BPD, Kepala Dusun LKM, LKMD, TP PKK, Karang Taruna, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda.

Selain unsur desa, musyawarah itu juga dihadiri Husni Rizal Siregar Anggota DPRD Fraksi PDIP, Sekretaris PU Ali Mukti Tanjung, Bappeda, Dinas Pertanian Koramil Kotapinang dan Polsekta Kotapinang,

Kepala Desa Asam Jawa Ali Borkat Hasibuan, Jumat di Kotapinang mengatakan musyawarah desa merupakan panglima dari semua kebijakan dalam memutuskan konsep pembangunan yang berlandaskan hasil mufakat.

Menurutnya, masyarakat desa agar menyampaikan usulan prioritas yang tidak dapat dianggarkan APBDes atau DD maupun ADD. "Silahkan sampaikan usulan-usulan pembangunan," katanya.

Anggota DPRD Labusel Fraksi Demokrat, Ferry Andika Dalimunthe menyampaikan Musrenbang ini bukanlah acara seremonial, namun inilah pintu aspirasi yang akan dicantumkan untuk dianggarkan di APBD Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

Dia menjelaskan, Musrenbang ini tidak hanya memikirkan aspek fisik, mungkin ada aspek sosial dan kesehatan sebagainya.

Dengan acara ini bisa menjadi komunikator untuk memberikan informasi agar dapat diserap sesuai yang diharapkan dalam pembangunan.

"Tidak mungkin pembangunan akan terlaksana di Desa ini tanpa ada rangkaian dari Musrenbang itu sendiri," katanya.

Adapun yang menjadi usulan-usulan masyarakat yakni, rabat beton, parit beton, pembangunan gereja, bantuan sosial, bantuan ternak, MCK, pengerasan jalan, sumur bor, pagar beton, pemangbangunan pagar sekolah, parit beton, bantuan sosial untuk musholla, jembatan penghubung, pengaspalan jalan.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018