Medan (Antaranews Sumut) - Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara membuka pendaftaran seleksi pelatih profesional untuk diproyeksikan membina atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar mulai 2018.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara, Baharuddin Siagian di Medan, Selasa, mengatakan seleksi bertujuan untuk merekrut pelatih yang memiliki komitmen dan motivasi tinggi untuk menciptakan atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) berprestasi.

Harapannya tentu bisa mendongkrak prestasi semua cabang olahraga binaan PPLP Sumut di even nasional.

Seleksi tahun ini dibuka bagi calon pelatih 11 cabang olahraga yang saat ini menjadi binaan PPLP Sumut, seperti atletik, renang, bola voli, sepakbola, pencak silat, gulat, karate, angkat besi, judo, taekwondo, dan Wushu Sanda.

"Kami menginginkan pelatih yang dipercaya membina atlet PPLP Sumut nantinya, benar-benar berkompeten dengan memiliki sertifikasi nasional. Selain itu, pelatih yang kita rekrut selain berkualitas, dia juga harus memiliki pengalaman melatih atlet yang pernah berhasil mencapai puncak prestasi di tingkat nasional maupun internasional," katanya.

Lebih lanjut dikatakan Baharuddin, untuk seleksi tahun ini tetap akan dibuka untuk umum, termasuk pelatih yang selama ini telah mengabdi di PPLP Sumut, tidak terkecuali bagi pelatih asing.

Proses tersebut dilakukan untuk mendapatkan pelatih yang berkualitas, tidak hanya berkualitas dalam hal pengalaman menjadi pelatih, namun juga memiliki program latihan yang sesuai dengan standar internasional.

"Kita mau banyak calon pelatih yang mendaftar, sehingga yang direkrut juga berkualitas. Baik dari pengcab dan pengprov cabang olahraga. Kita menginginkan para pelatih bisa menunjukkan program latihan yang sesuai dengan metode latihan nasional mau pun internasional," katanya.

Sementara, Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Sumut Rudi Rinaldi mengatakan, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi bagi pelatih yang ikut seleksi.

Seperti membuat surat permohonan diatas materai dilengkapi dengan curiculum vitae, surat keterangan berbadan sehat dari dokter dan bebas narkoba dari rumah sakit.

Kemudian siap melatih pagi dan sore hari, pendidikan minimal SLTA, menyediakan bahan presentase yang diserahkan saat pendaftaran, memiliki sertifikat kepelatihan nasional (khusus sepakbola lisensi C nasional), serta pas Poto ukuran 3x4 dan 4x6 masing-masing tiga lembar.

"Pelaksanaan seleksi berlangsung mulai 24-26 Januari, dengan melalui beberapa tahapan seperti seleksi administrasi, presentase, dan psikotes. "Pada saat seleksi nanti kami akan melibatkan tim ahli dari UNIMED, KONI, dan psikolog. Kemudian hasil seleksi diumumkan pada 31 Januari," katanya. ***4***



(T.KR-JRD/B/I023/I023) 16-01-2018 18:16:48

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018