Langkat (Antaranews Sumut) - Nelayan Gebang kabupaten Langkat, Sumatera Utara, mengamankan pukat layang yang memasuki perairan desa Kuala Gebang dan mengamankan salah seorang yang mengoperasionalkannya berinitial SUT warga pasar pipa Borboran Sei Bilah Kecamatan Sei Lepan.

Memang ada nelayan yang mengooperasikan pukat layang diamankan nelayan Gebang, namun sudah ditangani oleh pihak Satpol Air pos Pangkalan Brandan, kata Kapolsek Gebang AKP Selamat Riyadi, di Gebang, Kamis.

"Situasi hingga sekarang ini berjalan aman, tertib, terkendali," katanya.

Sementara itu berdasarkan laporan Kanit Intel Polsek Gebang Aipptu Arip Purnomo menyampaikan sekitar pukul 07.00 Wib telah diamankan oleh masyarakat nelayan Dusun III desa Kuala Gebang salah seorang nelayan berinitial SUT yang menggunakan pukat layang masuk ke perairan Kuala Gebang.

Warga nelayan disitu merasa keberatan dan mengamankan pengguna kapal pukat layang berikut pukat layang yang digunakan.

Kemudian sekitar pukul 09.30 Wib datang sekitar 60 sampan yang diduga berasal dari Borboran Sei Bilah Kecamatan Sei Lepan ke perairan sekitar Kuala Gebang yang beberapa orang terlihat mengacungkan senjata tajam.

Akibatnya warga dusun III Kuala Gebang bersiap untuk melakukan pembelaan namun berhasil diredam oleh petugas polisi, koramil setempat sehingga tidak terjadi bentrokan.

"Nelayan yang diamankan itu sudah diserahkan kepada pihak Satpol Air untuk ditindaklanjuti lebih lanjut agar permsalahan itu tidak terulang kembali," katanya.*

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018