Gunungsitoli (Antaranews Sumut) - Jalur laut tetap menjadi pilihan bagi sebagian besar warga Nias pada arus balik meninggalkan Pulau Nias usai menghabiskan liburan Natal dan Tahun Baru 2018.

Kepala Pos Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Aiptu Joni yang ditemui di Pos KP3 Gunungsitoli,Jumat, mengatakan, dalam beberapa hari terakhir arus balik penumpang kapal di Pelabuhan Gunungsitoli membludak.

Meskipun demikian, Aiptu Joni mengakui belum meminta penambahan personel karena hingga hari ketiga arus balik, situasi di Pelabuhan Gunungsitoli masih kondusif.

"Arus balik terjadi mulai tanggal 2 Januari, dimana penumpang yang berangkat menggunakan kapal Laut ASDP dan kapal Wira Glory serta Wira Victoria berjumlah 1.473 orang. Tanggal 3 bertambah hingga 2.494 orang," katanya.

Pantauan di lapangan, ribuan warga berdesak desakkan untuk naik ke kapal yang akan berangkat dari Pelabuhan Gunungsitoli.

Terlihat petugas keamanan dari KP3, Polisi Militer dan Angkatan Laut berjaga jaga di pintu kapal yang akan berangkat ke Pelabuhan Sibolga.

"Kita berharap kondisi ini terus kondusif sampai arus balik habis," kata Aiptu Joni. ***4***

(T.KR-JRD/B/I023/I023) 05-01-2018 11:12:47

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018