Binjai, Sumut, 23/11 (Antarasumut) - Bupati Kabupaten Situbondo dalam kunjungan ke Kota Binjai, Sumatera utara, sangat meminati produk unggulan bidang pertanian berupa beras yang kini dikembangkan di daerah itu termasuk jambu madu.

Hal itu disampaikan Bupati Situbondo Dadang Wigiarto, di Binjai, Kamis, saat melakukan kunjungan ke kota rambutan itu.
      
Dadang Wigiarto langsung menyatakan tertarik dengan produk unggulan bidang pertanian yaitu beras Binjai dan jambu madu. Hal ini setelah melihat tayangan tentang budidaya beras cap rambutan dan mencicipi jambu madu. 

"Beras Binjai cap rambutan yang ditanam dengan teknologi IPAT BO mampu menghasilkan 10,1 ton per hektarnya dengan masa tanam 86 hari ini sungguh sangat memberikan nilai positip buat petani bila dikembangkan," katanya.

“Pemkab Situbondo mempunyai benih padi unggul namun hasil panen masih dibawah beras Binjai,” kata Dadang Wigiarto.  

Wali kota Binjai Muhammad Idaham menjelaskan berbagai aplikasi Binjai Smart City seperti e-Perizinan, e-Masyarakat, e-Dokter, e-Musrenbang dan cara kerja aplikasi yang semuanya bisa dipantau secara real time melalui Commad Center. 

Idaham juga menyampaikan Pemko Binjai siap bekerjasama berbagi aplikasi dengan Pemkab Situbondo, dimana sebelumnya juga telah berbagi aplikasi dengan Pemkab Maros Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kami siap mengirimkan tim Pemko Binjai ke Situbondo,” katanya.

Bupati Situbondo itu juga sangat terkesan setelah melihat langsung Binjai Commad Center, berbagai pertanyaan disampaikan oleh para Kepala OPD Pemkab Situbondo yang ingin tahu tentang berbagai aplikasi yang dikembangkan pemko Binjai.
  
"Sangat mengesankan, semoga bermanfaat untuk perbaikan di tempat kami,“ kata Dadang Wigiarto.

Pada kesempatan itu dilakukan saling tukar cenderamata Wali kota Muhammad Idaham memberikan  beras Binjai cap rambutan sedangkan Bupati Situbundo dadang Wigiarto menyerahkan souvenir khas daerahnya

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017