Jakarta, 20/11 (Antarasumut) - Deputi Gubernur Senior (DGS) BI, Mirza Adityaswara menjadi pembicara utama (keynote speaker) pada gelaran pelatihan wartawan daerah tahun 2017 yang diselenggarakan bank sentral Indonesia di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, Senin.
     Mirza memaparkan tugas, peran dan fungsi BI dalam menjaga kestabilan inflasi dan nilai rupiah di hadapan 580 wartawan dari 34 provinsi dan 46 kantor perwakilan se Indonesia.
      Tugas pokok BI itu menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta mengatur dan mengawasi perbankan di Indonesia.
      Tujuan tunggal bank sentral Indonesia itu untuk mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah yang tercermin dari laju inflasi dan perkembangan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. 
     Kepala Group Program Elektronik, Keuangan Inkulsif dan Perizinan Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran BI, Pungky Purnomo Wibowo memaparkan tentang gerakan nasional non tunai.
     Sementara Kepala Departemen Pengelolaan Uang, Suhaedi tentang sistem pembayaran terkait program BI Jangkau dan dedikasi dalam mencukupi kebutuhan uang rupiah di seluruh Indonesia.
     Melalui program dan dedikasi tersebut, uang rupiah kini didistribusikan ke pelosok Nusantara, di kawasan terluar dan perbatasan dengan negara lain.  

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017