Panyabungan,  29/11 (Antarasumut)  - Pemerintahan Desa Tanjung kecamatan Panyabungan Timur gelar pelatihan pembuatan tahu, tempe dan nasyid,  Minggu.

Pelatihan tempe,  tahu dan nasyid yang dilaksanakan di kantor kepala desa Tajung ini   bersumber dari Dana Desa (DD)  tahun 2017.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah  para peserta pelatihan dari kalangan naposo dan nauli bulung serta kaum ibu dan bapak,  tokoh-tokoh masyarak desa, Ketua forum kepala desa Panyabungan Timur para  pelatih dari Dinas Ketahanan Pangan dan pelatih nasyid dari kabupaten Mandailing Natal.

Kepala desa Tanjung,  Amsar Lubis mengatakan,  pelatihan pembuatan tempa,  tahu dan nasyid bagi warga ini  merupakan program pemberdayaan masyrakat yang bersumber dari Dana Desa tahun 2017.

"Pelatihan ini jangan disia-siakan,  saya harap para peserta nantinya bisa mengikutinya dengan  serius sehingga nanti bisa menjadi  mandiri ditengah-tengah masyarakat, " katanya.

Ia mengatakan, untuk program pemberdayaan bagi masyarakat pada tahun 2017 ini  pada desa tersebut telah banyak dilakukan pelatihan-pelatihan bagi warga termasuk sebelumnya adalah pelatihan Tata Boga.

“Saya mengharapkan dengan adanya pelatihan ini selain membuka peluang usaha bagi  para warga nantinya juga dapat  menciptakan lapangan pekerjaan didesa kita,” harapnya.

Sementara itu, pendamping desa, Agusli mengatakan, mengingat penggunaan Dana Desa ini diperuntukkan bagi pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan bagi masyarakat desa diharapkan kedepannya  dapat meningkatkan penghasilan para warga di desa-desa sehingga dapat membuka peluang ekonomi baru bagi warga desa tersebut.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini pada tahun mendatang desa ini nantinya dapat menghasilkan tempe dan tahu,” katanya.


Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017