Tanjungbalai, 17/11 (Antara) - Pemkot Tanjungbalai mengapresiasi pelaksanaan kejuaraan cabang olahraga petanque tingkat pelajar SD, SMP dan SMA sederajat yang digelar Federasi Olahraga Petanque Indonesia/FOPI daerah setempat.

Wali Kota Tanjungbalai H.Muhammad Syahrial di Tanjungbalai, Jumat, mengatakan, petanque diharapkan menjadi salah satu cabang olahraga yang bisa mengharumkan nama daerah ditingkat regional, nasional hingga internasional.

Pengurus FOPI Tanjungbalai juga diharapkan tampil sebagai motor penggerak pengembangan olahraga Petanque di Kota Tanjungbalai agar generasi muda dan seluruh kalangan bisa terhindar dari perbuatan negatif, seperti mengonsumsi narkoba.

"Setelah hari ini, kedepannya POFI diharapkan bisa menggelar kejuaran Petanque bagi kalangan Porkopimda dan OPD di jajaran Pemkot Tanjungbalai," ujar Wali Kota dalam acara pelantikan FOPI Tanjungbalai ditangkai kejuaran Petanque tingkat pelajar.

Ketua harian FOPI provinsi Sumatera Utara Ibrahim Sembiring mengatakan, cabang olahraga (Cabor) Petanque terbilang masih baru, olahraga ketangkasan ini masuk ke Indonesia sekitar tahun

2011, akan tetapi telah dipertandingkan pada PON di Palembang, dan juga resmi dipertandingkan pada PON 2018 nanti di Papua.

Karena itu, Pemkot dan KONI Tanjungbalai diharapkan terus melakukan pembinaan terhadap pengurus FOPI serta atlit Petanque berpotensi yang ada di daerah, khususnya di Kota Tanjungbalai.

"Jangan ragu, olahraga Petanque telah dipertandingkan secara Nasional, diharapkan semua pihak memberikan dukungan terhadap pengembangan cabang olahraga ini," ujar Ibrahim Sembiring.

Dalam kempatan itu, atas nama Ketua FOPI Sumatera Utara, Ibrahim Ginting juga melantik pengurus POFI Kota Tanjungbalai periode 2017-2021 yaitu, Ketua Budi Munthe, Wakil ketua Rahmad, Sekretaris Tengku Aidil Syahputra, Bendahara Rizlan, serta sejumlah pengurus lainnya.

Sesuai catatan, kejuaraan Petanque memperebutkan pila Wali Kota Tanjungbalai ke I tahun ini diikuti 12 SD/MI, 13 SMP/MTs dan 11 SMA Sederajat, dan dilaksanakan selama dua hari yakni 17-18 November 2017 dengan kelas dipertandingkan yaitu, Triple Man, Triple Women dan Mixed's Triple.***4***(KR-YWK)

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017