Padangsidimpuan, 7/11 (Antarasumut)- PT Agincourt Resources, pengelola tambang emas Martabe resmi mendapat pasokan daya listrik dari PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara untuk kegiatan operasionalnya. 

Penyalaan sambungan pasokan listrik bagi PT Agincourt Resources sebagai pelanggan tegangan tinggi layanan premium platinum dengan total kapasitas 30,1 MVA.

Deputy President Director PT Agincourt Resources, Linda Siahaan menyatakan dengan tersambungnya daya pasokan listrik dari PLN akan memastikan penghematan biaya pemakaian energi di Tambang Emas Martabe sekitar US$4-5 juta per tahun, ucapnya, Selasa.

“Ini akan menjadi salah satu program efisiensi dan optimalisasi kegiatan produksi yang cukup signifikan bagi Tambang Emas Martabe melalui Martabe Improvement Program,” jelas Linda.

Lebih lanjut, Linda mengungkapkan proses penyambungan pasokan listrik dari PLN untuk operasional Tambang Emas Martabe telah dilakukan sejak 2009 dengan menandatangani kontrak SPJBTL antara PT Agincourt Resources dengan PLN Wilayah Sumut.

Saat itu, penyambungan pasokan listrik dari PLN ditargetkan dimulai pada 2010. Namun akibat resesi dan defisitnya kondisi kelistrikan di regional Sumut hal ini belum terealisasi. 

Tambang Emas Martabe lantas menggunakan pihak ketiga (kontraktor penyuplai listrik melalui mesin genset) untuk memenuhi kebutuhan energinya, sejak awal beroperasi pada 2012.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017