Medan, 2/11 (Antara) - Pemerintah Kota Medan melakukan pembenahan terhadap jalur pejalan kaki di sejumlah taman dan ruas jalan protokol di kota itu dalam upaya memberikan rasa nyaman kepada masyarakat pejalan kaki.

"Saya ingin jalur pedestrian yang dibuat nanti benar-benar khusus untuk pejalan kaki. Artinya, pengendara sepeda motor tidak boleh melintasi jalur khusus pedestrian ini. Termasuk, tidak diperkenankan menjadi tempat parkir kenderaan bermotor maupun lokasi berjualan pada pedagang kaki lima," kata Wali Kota Medan Dzulmi Eldin di Medan, Kamis.

Saat ini Pemkot Medan sedang membangun jalur pedestrian untuk pejalan kaki di sejumlah ruas jalan di ibu Kota Provinsi Sumatera Utara itu seperti Jalan Imam Bonjol, Jalan Diponegoro, Jalan KH Zainul Arifin, Jalan Gatot Subroto mulai bundaran Tugu SIB sampai Jalan Raden Saleh, serta seputaran Lapangan Merdeka.

Pedestrian juga akan dilakukan diseputaran sejumlah taman seperti yang akan dilakukan di Taman Gajah Mada, Kecamatan Medan Baru.

Eldin telah mengintruksikan kepada Kadis Pekerjaan Umum (PU) Khairul Syahnan agar parit di sekeliling taman ditutup dan dijadikan jalur pedestrian, namun tetap dilengkapi dengan lubang inlet, termasuk bak kontrol yang dapat ditutup dan dibuka guna memastikan parit tidak tersumbat.

Ia berkeinginan akses jalan di seputaran Taman Gajah Mada harus baik, sehingga masyarakat merasa tenang dan nyaman untuk datang sekaligus melakukan aktifitas di taman yang telah berusia 24 tahun tersebut.


Apalagi sejumlah peralatan olahraga telah disediakan di taman, termasuk fasilitas bermain bagi anak-anak serta dilengkapi dengan mushala.


"Untuk itu saya minta jalan yang ada di seputaran Taman Gajah Mada itu diaspal. Jika jalan bagus, masyarakat yang datang tentunya bisa lebih banyak lagi. Selain berolahraga, masyarakat juga dapat membawa anaknya untuk bermain sekaligus menikmati keindahan taman, terutama sore hari," katanya.


Selain Taman Gajah Mada, Kota Medan juga memiliki sejumlah taman lainnya diantaranya Taman Beringin Jalan Sudirman, Taman Ahmad Yani Jalan Imam Bonjol, Taman Teladan Jalan GM Panggabean serta Lapangan Merdeka Medan.


Di samping tempat berolahraga, taman-taman yang ada juga dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat bermain, berekreasi serta komunikasi sosial.


Sementara itu Kadis PU Kota Medan, Khairul Syahnan mengatakan, siap menindaklanjuti instruksi tersebut, hanya saja untuk pembangunan jalur pedestrian di sekeliling Taman Gajah Mada, baru dilakukan tahun depan.


"Kita anggarkan dulu, Insya Allah tahun depan baru kita bangun sesuai dengan keinginan wali kota," katanya.***4***








Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017