Medan, 2/11 (Antara) - Tim Robotik Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara sukses meraih Juara Favorit (Favorite Winner) dalam ajang "Mille Family Club Line Follower Robot Contest" yang digelar di Millenium ICT Center Medan, pekan lalu..

"Kita sangat mengapresiasi atas prestasi mahasiswa tersebut, sekaligus membuktikan bahwa kita juga terus berkembang sesuai perkembangan zaman," kata Dekan Fakultas Teknik UMSU Munawar Alfansury Siregar di Medan, Rabu.

Kontes robotik merupakan kontes yang melibatkan tiga disiplin ilmu teknik sekaligus, yakni informatika, komputer, mekanika (teknik mesin).

"Line Follower ini merupakan kontes robotik tingkat dasar, dan alhamdulillah kita berhasil merebut juara favorit. Kita juga berkomitmen akan mendukung sepenuhnya setiap kegiatan yang terkait memajukan kreativitas mahasiswa," katanya.


Sementara Wakil Dekan III FT UMSU Khairul Umurani mengatakan ide pembentukan Tim Robotik FT UMSU sebenarnya sudah lama digagas, namun sampai saat ini belum terrealisasi menjadi sebuah bentuk lembaga baku seperti yang diinginkan.


Dengan capaian prestasi tersebut, maka makin menguatkan tekad mereka untuk segera membentuk wadah resmi demi pembinaan teknik robotik di FT UMSU.

"Dalam waktu dekat, kita sudah berkoordinasi dengan dengan pihak pimpinan universitas, mudah-mudahan ini bisa terwujud," katanya.

Wadah itu, lanjut Khairul, bukan saja untuk menaungi pembinaan kreativitas-kreativitas mahasiswa di bidang robotik, melainkan bisa juga untuk bidang instrumen, VID dan juga industri dengan menerapkan micro-controler.

"Kita berharap untuk jangka panjang lembaga ini bisa kita manfaat untuk memacu kreativitas mahasiswa untuk bisa berprestasi dalam even kontes robotik, bukan hanya di tingkat lokal tapi juga tingkat nasional, bahkan internasional," katanya.

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017