Aekkanopan, 18/10 (Antarasumut)
Peringatan Hari Keluarga Nasional XXIV di Labuhanbatu Utara diwarnai dengan nikah masal 22 pasangan, Rabu. 

Perhelatan yang berlangsung di Lapangan Bola Perkebunan PT Milano Kecamatan Marbau terlaksana karena kerjasama Pemkab dengan Kantor Kemenag Labura.

Pernikahan massal tersebut disaksikan Bupati Labura H Kharuddin Syah SE, Ketua DPRD Labura dan masyarakat Kecamatan Marbau. 

Di hadapan pasangan pengantin dan masyarakat yang ramai menyaksikan, bupati mengajak agar meningkatkan kualitas keluarga.

Salah satu caranya adalah membentuk keluarga kecil yang memiliki perencanaan sehingga terbentuk keluarga yang sejahtera dan bahagia. 

"Ini harus menjadi tanggung jawab setiap pemimpin dan masyarakat luas," katanya.

Program keluarga berencana (KB) menurutnya bukanlah program mengada-ada, bukan program tanpa tujuan baik. 

"Program ini adalah untuk kepentingan semua orang, keluarga dan bangsa kita secara keseluruhan," katanya.

Kepala Dinas Pengandalian Penduduk Keluarga Berencana Labura HM Suib SPd dalam laporannya menyampaikan, peringatan Harganas ini bertujuan untuk meningkatkan dan membangun kepedulian terhadap keluarga dan menciptakan keluaraga kecil yang bahagia.

“Ada 22 pasang pengantin yang akan kita nikahkan secara massal, serta memberikan penghargaan kepada KB Lestari kepada anggota KB dari jajaran OPD Labura mulai dari 15 tahun, 10 tahun sampai 5 tahun," kata mantan Kabag Umum Setdakab Labura itu.

Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara Dra Tengku Lafalinda MPd dalam acara itu mengatakan, Harganas bertujuan meningkatkan peran serta pemerintah, pemerintah daerah, mitra kerja dan swasta, tentang pentingnya penerapan beberapa fungsi keluarga dan pembentukan karakter sejak dini agar kelembagaan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera terwujud.

"Keluarga mempunyai peranan yang sangat penting dalam memantapkan ketahanan nasional  dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa. Memperingati Harganas setiap tahun secara terpadu, agar timbul kesadaran para keluarga Indonesia untuk selalu memperbaiki mutu kehidupannya secara mandiri," katanya.

Pada kesempatan tersebut Bupati, Ketua DPRD, Ketua TP PKK serta OPD memberikan ucapan selamat kepada pengantin massal serta memberikan  kado yang sudah disiapkan serta menyerahkan bus antar jemput peserta KB yang diserahkan bupati kepada Kadis PPKB Labura HM Suib.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017