Padangsidimpuan, 16/10 (Antarasumut)- Menjelang HUT Pemkot Padangsidimpuan ke 16 tahun, sejumlah element masyarakat dari berbagai profesi dan latar belakang, berkomentar terhadap refleksi 16 Kota Padangsidimpuan, yang jatuh pada, Selasa, 17 Oktober 2017, besok.

Beberapa komentar masyarakat Kota Padangsidimpuan kepada ANTARA di Padangsidimpuan, Senin (16/10) dari beberapa element pekerjaan dan profesi menanggapi Refleksi 16 Kota Padangsidimpuan.

Seperti dari sektor pendidikan, H Khoiruddin Nasution, Tokoh Pendidikan Padangsidimpuan, perlu peningkatan pelayanan dan kualitas pendidikan, tingkatkan kesejaterahan pelajar secara keseluruhan di berbagai tingkatan pendidikan, Dirgahayu Pemkot Padangsidimpuan.

Pada sekror Kebudayaan, Mahmuddin Nasution, yang juga pengurus Forkala, Pemerintah Kota Padangsidimpuan harus lebih meningkatkan keperdulian kebudayaan, adat, karena Padangsidimpuan ini adalah masyarakat yang berprinsip dalihan natolu, seperti, Somba Marhulahula/semba/hormat kepada keluarga pihak Istri, Kedua, Elek Marboru (sikap membujuk/mengayomi wanita), Ketiga, Manat Mardongan Tubu (bersikap hati-hati kepada teman semarga), sehingga harus lebih konsep biar Kota Padangsidimpuan semakin ber budaya.

Untuk Pedagang Pasar Kota Padangsidimpuan, Jamil Tua Gultom (40), juga mengomentari, Pemerintah Kota yang di pimpin Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, masih jauh perhatian kepada kami terhadap masyarakat dan pedagang pasar, masalah perekonomian, juga menjadi perhatian khsusus kepada pemerintah setempat, dan harapan saya pada kesehatan, kesejahteraan, pendidikan, harus menjadi kepastian mutlak kepada kami masyarakat kecil.

Kemudian Supir Becak Vespa, Rahmat Saleh Tambunan (29), Selamat Ulang Tahun Kota Padangsidimpuan ke 16, harapan kedepan agar Pemkot lebih baik mengurusin kesejahteraan rakyat seperti kami, untuk kondisi jalan dan infrastruktur, perekonomian harus menjadi fokus kepala daerah, untuk partisipasi kepada pengemudi becak kami jauh dari perhatian, kedepan untuk di hak paten becak vespa disegerakan agar aset vespa di Padangsidimpuan tetap terjaga, khususnya vespa, Rahmat Saleh yang sudah 5 tahun mengemudi becak vespanya, berharap kepemimpinan Walikota diharapkan lebih maksimal, semoga capaian visi misi dalam pembuktian disegerakan, ucapnya yang hanya berpenghasilan Rp50 ribu perhari tersebut.

Pekerja Kantoran, seperti Pimpinan Cabang Bank Sumut, Syahmirdan Siregar, semoga perputaran ekonomi makro dan mikro di Kota Padangsidimpuan semakin baik, biar kesejahteraan masyarakat Kota Padangsidimpuan semakin hari semakin baik kedepan, Dirgahayu Kota Padangsidimpuan.

Dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), RH Pulungan, Staf Protokol Walikota Padangsidimpuan, berharap Kota Padangsidimpuan lebih baik, dan dapat lebih mensejahterakan masyarakat dalam proses pembangunan Kota Padangsidimpuan kedepan.

Kalangan Pelajar, Asri Tamara Hasibuan, yang merupakan pelajar SMA Negeri 3 Padangsidimpuan, Selamat Dirgahayu Kota Padangsidimpuan, semoga kualitas pendidikan semakin baik, sarana dan prasarana keamaan sebagai pelajar juga ditingkatkan, serta mutu jenjang pendidikan semakin baik.

Sementara dari kalangan Mahasiswa, Ketua BEM UMTS Ahmad Munawir Rangkuti, kedepan bisa lebih semakin baik untuk membangun Kota Padangsidimpuan, kemudian pejabat bisa lebih mengerti keadaan masyarakat sebenarnya pada sektor kondisi sosial, terutama meningkatkan mutu SDM masyarakat, sehingga nantinya dapat tercapainya pembangunan sesuai visi misi Kota Padangsidimpuan sebenarnya.

Dari jajaran TNI, melalui Komandan Kodim 0212/TS, Letkol Arm Azhari, menanggapi 16 tahun Kota Padangsidimpuan, semoga Kota Padangsidimpuan semakin tertib dan tertata lagi, sekarang sudah bagus cuma perlu peningkatannya saja lebih baik, dalam kemitraan TNI dan Pemkot Padangsidimpuan saat ini terjalin sangat bagus, dan semakin ditingkat lagi, Dirgahayu Kota Padangsidimpuan ke 16.

Kalangan Polri, dalam hal ini Kapolres Kota Padangsidimpuan, AKBP Andy Nurwandy, saya berharap Kota Padangsidimpuan semakin maju, dan sepenuhnya kepada masyarakat dapat berkontribusi untuk lebih meningkatkan rasa keamaan, menjaga keamanan demi pembangunan Kota Padangsidimpuan kedepan sesuai yang diharapkan bersama.

Dari kalangan Ormas, seperti dari, FKPPI 0218 Kota Padangsidimpuan, Sekretaris, Jervin Nasution, Kota Padangsidimpuan semakin, tuntaskan kelanjutkan pembangunan yang tertinggal, biar pembangunan semakin pesat dan pemerataan ekonomi semakin baik, di umur 16 tahun walaupun masih usia belia, agar semakin menciptakan Kota Padangsidimpuan, kondusif, aman, dan sejahtera.

KPU Kota Padangsidimpuan, Dr Arbanur Rasyid, Kota Padangsidimpuan usai yang relatif muda ke 16 tahun, harus berbenah diri ditahun yang akan datang, disamping itu dalam hal pembenahaan kedepan untuk untuk lebih mempersiapan dalam hal pengembangan pendidikan sesuai visi misi pembangunan Kota Padangsidimpuan yang jauh lebih baik.

Sementara, Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan, Hj Taty Ariani Tambunan, Dirgahayu Kota Padangsidimpuan, semakin jaya, sinergitas legislatif dan eksekutif harus sejalan dan se irama dalam menuntaskan visi misi, yang sehat, maju dan sejahtera.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017