Panyabungan, 9/10 ( Antarasumut) – Palang merah Indonesia  kabupaten Mandailing Natal bersama dengan Pemkab Mandailing Natal gelar aksi donor darah di taman Raja Batu, Aek Godang, Panyabungan, Senin.

Aksi donor darah yang dilakukan oleh Palang Merah Indonesia kabupaten Mandailing Natal ini  sebagai antisipasi akan kebutuhan darah di kabupaten tersebut. Dalam kegiatan donor tersebut selain diikuti oleh para  ASN juga diikuti oleh para tenaga honorer yang ada dilingkungan Pemkab Madina.  


“Kebutuhan darah di Mandailing Natal sangat tinggi untuk mengantisipasi kebutuhan tersebut kita dari Pmi bekerjasama dengan Pemkab Madina melakukan aksi  donor darah,” kata ketua PMI Mandailing Natal, Ika Desika Nasution.


Ia mengatakan, untuk setiap bulannya kebutuhan pasien akan  darah  di Mandailing Natal sekitar 200 sampai 400 kantong per bulannya. Untuk mencukupi kebutuhan darah tersebut pihaknya melalui PMI akan terus gencar melaksanakan aksi-aksi  donor darah disegala lini di Mandailing Natal termasuk menggandeng Pemkab Mandailing Natal.

“Aksi donor ini kita lakukan secara bertahap, untuk hari ini ada tiga dan untuk minggu depannya instansi lain dilingkungan Pemkab Madina juga akan melakukan aksi donor yang serupa,” katanya.

Disebutkannya, donor  yang dilakukan oleh para peserta ini  selain telah membantu dan menyelamatkan orang lain juga dapat membuat  tubuh seseorang pendonor itu menjadi lebih sehat. Untuk itu mengingat darah ini sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalakan metabolisme tubuh  ketersediaan darah tersebut dalam tubuh juga harus benar-benar dijaga.


“Darah hanya dapat diproduksi oleh tubuh dan belum ada tekhnologi yang mampu memproduksi darah, dengan kehadiran pahlawan kemanusian ini kebutuhan  masyarakat akan darah tersebut nantinya semoga dapat terpenuhi,” harap Ika Desika.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017