Panyabungan, 7/10 (Antarasumut) – Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) temu petani dengan para kelompok tani di daerah Mandailing Julu, Mandailing Natal, Sabtu.

Dalam temu petani penguna produk Litbang Batan  yang dilaksanakan didesa Muara Pungkut kecamatan Kotanopan ini selain dihadiri  oleh Sekretaris utama Batan, Palkani Margono, Kepala biro perencanaan, Perli Herman, Kepala pusat Desiminasi Kementerian, Ruslan juga dihadiri oleh Bupati  Mandailing Natal, Drs.H.Dahlan Hasan Nasution, Ketua komisi VII Dprri, Gus Irawan Pasaribu, Kadis pertanian, Taufik Zulhenra, Kadis PUPR, Syahruddin ST, Mupika  dan para anggota kelompok tani pengguna produk Litbang Batan yang ada di kecamatan Kotanopan.

Sekretaris Batan, Palkani Margono menyampaikan, merasa sangat bergembira dan berkesan karena masih bisa melihat suasana kegotong-royongan  masyarakat di Mandailing Natal khususnya kegotong-royongan para petani sehingga masih bisa menjadi pahlawan bagi bangsa dan negara didalam bidang Pangan.

“Petani adalah Pahlawan, tanpa mereka kita tidak apa-apa,” katanya.

Ia mengatakan, dalam kunjungannya ke Mandailing Natal tersebut merupakan temu petani penggunaan produk Litbang Batan benih varites padi jenis Invari Sidemo yang telah diberikan Batan kepada para petani di kabupaten itu.

“Kehadiran kami ini kesini untuk  melihat langsung hasil dan kendala yang didapat  para petani dilapangan terhadap produk  Litbang Batan yang diberikan  sebelumnya, alhamdulilah produk varites padi yang kami kembangkan ternyata dapat meningkatkan hasil pertanian para petani ” katanya.

Ia menyebutkan, program-program pendorongan padi lokal untuk peningkatan produktifitas hasil  petani didaerah-daerah khususnya di Mandailing Natal akan terus diupayakan baik itu melalui tekhnologi  maupun pengadaan varites baru.

“Kerjasama Batan dengan Mandailing Natal sudah berjalan selama tujuh tahun, kami akan teus berupaya mendorong kegiatan bersifat pertanian ini ada didaerah kita,” katanya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017