Paluta,6/10(Antarasumut)-Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Labuhan Batu membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) Rabu (04/10/2017).

Kepala Manggala Agni Daops Labuhan Batu, Risky Ismana Nasution, menghubungi Antara di Tapanuli Selatan, Jumat mengatakan jika yang dibentuk itu  MPA  Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara.

Dibentuknya MPA itu di UPTD Desa Padang Bujur Baru, Batang onang tujuannya ntuk meminimalisir kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) didaerah itu.

Dia memprakirakan Karhutla di Indonesia akan terus terjadi dimasa-masa mendatang, mengingat akumulasi  perilaku manusia tambah perubahan iklim.

"Nantinya MPA yang diberdayakan sebanyak 30 orang itu akan bertugas melakukan pemantauan di lapangan apakah ada Karhutla di wilayah itu, termasuk Kepala Desa Padang Bujur Baru Damres Harahap,"jelasnya.

Kebijakan pengendalian Karhutla merupakan salah satu kebijaksanaan prioritas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dilaksanakan secara penuh tanggung jawab.

Hadir dalam pembentukan MPA itu Kasubdit sistem kemitraan dan MPA Direktorat Pengendalian  Kebakaran hutan dan Lahan Ir Afrizal MM.

Selain itu disamping pihak Mangga Agni hadir juga pihak Forkopimca antara lain Kapolsek Sosopan, Danrami 07 Sosopan Kapten Inf A.K Harahap

"Kiranya dengan kehadiran MPA tingkat kesadaran masyarakat terkait Karhutla di wilayah kecamatan Batang Onang semakin dapat meningkat,"harapnya.

Sebelum pembentukan, seluruh Masyarakat Peduli Api berkomitmen menajalankan tugas semaksimal mungkin.

Pewarta: kodir pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017