Aekkanopan, 1/9 (Antarasumut) - Umat Islam di Labuhanbatu Utara melaksanakan sholat Idul Adha di sejumlah mesjid di kabupaten itu, Jumat. 

Bupati Labura H Kharuddin Syah SE sholat Idul Adha di Kecamatan Na IX-X, sedangkan Wakil Bupati Drs Dwi Prantara MM sholat di Mesjid Raya Al Aman Aekkanopan.

Dalam amanat tertulis yang dibacakan Dwi Prantara, bupati antara lain mengatakan, pelaksanaan ibadah korban yang diawali dari kisah Nabi Ibrahim AS dan anaknya Nabi Ismail AS memiliki tiga makna. 

Ketiga makna tersebut adalah ketakwaan, keberanian dan sosial.

Sementara khatib sholat Idul Adha H Safru el Fauzi Lc MA dalam ceramahnya juga menjelaskan tentang sejarah dan inspirasi yang terkandung dalam pelaksanaan korban. 

Tiga inspirasi itu adalah kesolehan kepada Allah SWT, penegakan hukum yang adil dan sabar dalam rangka taat kepada Allah SWT.

Bertindak sebagai imam sholat di Mesjid Raya Al Aman Drs H Safril Azmi MA. Diantara jamaah terlihat Kakan Kemenag Labura Drs H Safaruddin MA, Danramil 01/AK Mayor Inf Tamrin Hasibuan, Kadis Perdagangan Koperasi dan UMKM Syahrul Adnan Hasibuan SE, Kabag Kesra dan Binmas Nur Rohman SSos serta Kabag Umum dan Perlengkapan Mhd Ikhsan SSTP MAP.

Pada malam Idul Adha, PHBI Labura melaksanakan pawai takbir yang diikuti sejumlah kalangan. Dalam pawai itu, PHBI menilai peserta yang menghias kenderaannya. Kepada juara diberikan sejumlah uang pembinaan.

Keluar sebagai Juara I-III yaitu Mesjid Al Ikhlas Wonosari, DPD BKPRMI Labura dan RM Al Ikhlas Wonosari. Kemudian harapan I dan II masing-masing rombongan dari Lorong III Aekkanopan dan Musholla An Nur Kampung Terutung Aekkanopan.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017