Samosir, 15/8 (Antarasumut) - Dinas Sosial Kabupaten Samosir meluncurkan integrasi bantuan sosial melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada 3.767 keluarga kurang mampu, Selasa.
     Kegiatan yang diresmikan Bupati Samosir, Rapidin Simbolon itu dilaksanakan di pelataran parkir Hotel Dainang, Pangururan.
     Turut hadir Pimpinan Area Operation Bank Mandiri Cabang Pematangsiantar, Martinus Siagian, para pimpinan SKPD dan Camat Pangururan.
     Bupati Samosir mengatakan, pemberian KKS merupakan program Pemerintah Pusat untuk mengurangi kemiskinan, penanganan fakir miskin secara terarah, terpadu dan berkelanjutan yang dilakukan pemerintah pusat, daerah atau masyarakat.
      Program itu dilakukan dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan pemberdayaan, pendampingan serta fasilitasi untuk memenuhi kebutuhan dasar setiap warga negara, untuk itu bupati menyarankan para penerima KKS agar memanfaatkannya dengan baik.
      Sebagai daerah wisata, Bupati mengajak para ibu-ibu untuk selalu ramah, murah senyum, sopan dan santun serta melayani dengan baik dan menjaga kebersihan lingkungan.
     Kepala Dinas Sosial, Kampu Manik menyampaikan maksud dan tujuan bantuan sosial dan subsidi disalurkan secara non tunai dan terintegrasi dalam satu kartu serta menggunakan sistem perbankan.
      Hal itu untuk kemudahan mengontrol, memantau dan mengurangi penyimpangan, memanfaatkan keuangan digital serta penggunaan beragam kartu dalam menyalurkan dana bansos agar dapat diintegrasikan dalam satu kartu.

Pewarta: Antrel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017