Samosir, 14/8 (Antarasumut) - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Samosir menggelar peluncuran aplikasi penyimpanan arsip dan pameran kearsipan selama lima hari, 14-18 Agustus 2017.

     Pameran kearsipan yang diadakan di ruang arsip dinas itu dibuka Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, Senin, dan dihadiri Wakil Bupati, Juang Sinaga, Kadis Kominfo, Kitman Malau dan Kabag Humas, Rohani Bakara.

     Bupati menyambut baik acara tersebut dan mengapresiasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah atas kinerjanya yang telah mengumpulkan beberapa warisan peninggalan jaman duhulu maupun berbagai data yang terkait dengan sejarah dan pembangunan Kabupaten Samosir.

      Bupati berharap dengan adanya penyimpanan arsip ini nantinya dapat menambah daya tarik pariwisata ke Kabupaten Samosir, dan mengembangkan lagi mengingat masih banyak warisan nenek moyang yang dibawa ke negara Belanda dan harus dibawa kembali ke Indonesia.

     Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Lastuana Simbolon menyampaikan, kegiatan pameran kearsipan merupakan kegiatan yang vital dalam bidang kearsipan sebagai wadah menyampaikan informasi kepada publik. 

    Lastuana juga menyampaikan tujuan kegiatan untuk menunjukkan koleksi-koleksi arsip yang dimiliki oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, memberikan informasi tentang suatu koleksi/naskah asli dari arsip yang dimiliki.

     Melalui koleksi yang dimiliki diharapkan dapat memberikan suatu proses pembelajaran yang bermanfaat bagi masyarakat serta untuk menimbulkan suatu rasa ketertarikan sehingga bisa dijadikan sebuah inpirasi dari ketertarikan tersebut.

     Sementara manfaatnya, terkumpulnya arsip statis dan arsip vital, terjaminnya kemudahan akses arsip statis dan arsip vital bagi masyarakat/pengguna arsip serta tercipta sistem penyimpanan arsip statis dan arsip vital berbasis teknologi.

Pewarta: Antrel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017