Kotapinang, 15/8 (Antarasumut) - Manggala Agni Daops Labuhanbatu mengelar sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) untuk pelestarian alam di daerah.

Kegiatan sosialisasi Karhutla, Selasa di Desa Aek Raso, Kec. Torgamba Kab. Labusel yang dihadiri perwakilan Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Karhutla Wilayah Sumatera Andi Zulfakrya, Manggala Agni Daops Labuhanbatu Julianto dan masyarakat setempat.

Kepala Daerah Operasi Manggal Agni Labuhanbatu, Rizki Ismana Nasution mengatakan, pengendalian Karhutlah merupakan upaya dalam pelestarian alam yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Kegiatan pencegahan itu merupakan fase terpenting dalam upaya pengendaliannya. "Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Begitu juga halnya kebakaran, maka mencegah lebih baik dari pada memadamkan," katanya.

Dia mengharapkan, dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan serta kesadar-tahuan yang akan disebarkan ke masyarakat di wilayahnya.

Sehingga dapat memberikan sumbangsih dalam pengendalian Karhutlah yang menjadi faktor penyebab pemanasan global.

Rizky mengemukakan, pihaknya mengintensifkan monitoring maupun penyuluhan lahan gambut di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, yakni Desa Kampung Rakyat Tanjung Selamat Desa Tanjung MUlia Dusun Sukoharjo.

Untuk Kabupaten Labuhanbatu di Kecamatan Panai Tengah dan Panai Hilir, sedangkan Kabupaten Labuhanbatu Utara di intensifkan di Kecamatan Kualuh Hulu.

Dia menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan agar terhindar dari kerusakan lingkungan dan tindak pidana. 

Selain itu dia berharap agar pihak perusahaan dapat meningkatkan kepadulian kepada masyarakat untuk membantu apabila ada Karhutla.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017