Samosir, 13/8 (Antarasumut) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Sumatera Utara menggelar pertunjukan rakyat media tradisional di panggung terbuka (Open Stage) Pangururan, Minggu.
     Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir, Jabiat Sagala membacakan sambutan tertulis Bupati yang menilai, kegiatan tersebut penting dilaksanakan sebagai wadah atau media untuk menyampaikan informasi dan pesan-pesan pembangunan, khususnya di Kabupaten Samosir. 
     Disebutkan, sesuai dengan letak topografi yang berbukit-bukit, masih banyak daerah yang belum terjangkau sarana dan prasarana teknologi komunikasi dan informasi pembangunan, sehingga dengan penggunaan media tradisional dalam bentuk pertunjukan rakyat maka diharapkan informasi dan pesan-pesan pembangunan di Kabupaten Samosir dapat sampai ke masyarakat.
     Dilaksanakannya pementasan ini sebagai bukti dukungan Pemerintah Provinsi Sumut kepada Kabupaten Samosir dalam rangka melengkapi dokumen usulan atau dossier Geopark Kaldera Toba yang berpusat di Sigulatti, Kecamatan Sianjur Mula-mula.
     "Kiranya dengan dukungan dan pementasan ini cita-cita kita agar Geopark Kaldera Toba dapat diterima oleh Unesco," harap Bupati.
     Ketua Panitia Pelaksana, Efi Zarnita mengatakan, pementasan rakyat tersebut untuk mengembangkan media tradisional dalam upaya memperlancar arus informasi di Sumut.
     Selain itu, menggali dan melestarikan seni dan budaya bangsa Indonesia, membina dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam bidang seni dan budaya serta menanamkan dan membina apresiasi seni budaya, khususnya terhadap nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.
      Pementasan dihadiri Asisten Administrasi Umum dan Asset Setdaprov Sumut, OK Zulkarnain, Kadis Kominfo Provsu, Mhd Fitriyus, pimpinan SKPD Setdakab Samosir, Kabag Humas dan Sekcam Pangururan.

Pewarta: Antrel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017