Tebing Tinggi,10/8(antarasumut)- Pelayanan keimigrasian Indonesia merupakan The Best in the word, lebih cepat, lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada bangsa Asing dan peralatannyapun sangat canggih, salut dan hormat buat Dirjen Imigrasi.

Hal ini disampaikan Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan saat membuka sosialisasi Perlindungan Pengungsi dan Pencari Suaka serta Layanan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) yang dilaksanakan Kantor Imigrasi Kelas II P.Siantar, Kamis (10/8) di Gedung Hj.Sawiyah Tebing Tinggi.

Disampaikan Walikota, kebetulan saya bersama pak Menteri Perindag dan Gubernur baru saja kembali dari Moskow Rusia, melalui beberapa negara, dan kami merasakan dan melihat secara nyata, pelayanan ke imigrasian RI jauh lebih baik ketimbang dinegara lain.

Negara kita merupakan satu negara yang terbuka terhadap bangsa asing, dan kita memberikan kebebasan visa dam kita tidak pernah takut, konsekwensinya siapa saja bisa masuk, dan tanggungjawab kita bersama untuk melakukan pengawasannya.

Dan menjadi ujung tombaknya adalah Camat, Lurah dan Kepala Lingkungan untuk memantaunya karena merekalah yang paling tau warga didaerahnya masing-masing termasuk jika ada keberadaan orang asing, ujarnya.

Untuk itu diharapkan Walikota agar Camat, Lurah dan Kepala Lingkungan berperan aktif melakukan pemantauan dan pengawasan seperti tempat kos, komplek perumahan, mess perusahaan, rumah kontrakan dan lain yang bersifat komersil.

Manfaatkanlah Layanan Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA), dan karenanya manfaatkan dengan sebaik-baiknya sosialisasi ini, dan kita akan berupaya Unit Pelayanan Paspor (UPP) yang ada di Tebing Tinggi tidak hanya melayani pembuatan Paspor saja, tetapi juga menerima laporan, dan Ka Imigrasi Kelas II P.Siantar mendukungnya.

Diingatkan Walikota, meskipun Tebing Tinggi bukanlah merupakan daerah tujuan Wisata, tetapi merupakan lintasan kawasan Distenasi Wisata Danau Toba, dan posisinya sangat strategis, bisa saja orang-orang asing sementara bermukim di Kota Tebing Tinggi, kita juga perlu pengawasan keamanan bersama dengan aparat keamanan di Tebing Tinggi.

Acara sosialisasi di ikuti para Camat dan Lurah para pimpinan SKPD dan dihadiri Kapolres Tebing Tinggi AKBP.Ciceu Cahyati,Kajari,Pabung Kodim 0204-DS dengan narasumber dari UNHCR Andi Sofinhar dengan materi Perlindungan Pengungsi dan Pencari Suaka serta Ka.Kantor Imigrasi P.Siantar Jaya Putra tentang implementasi APOA. 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017