Padangsidimpuan, 18/7 (Antarasumut)- Kecamatan Hutaimbaru, Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara miliki potensi sumber air panas yang menyerupai sumber air panas yang berada di Sipirok, Tapsel.

Kepala Dinas Pariwisata melalui Kabid Pengembangan Pariwisata pada Dinas Pariwisata Kota Padangsidimpuan Nova Windani Harahap, kepada ANTARA, Selasa mengatakan di Padangsidimpuan, "potensi sumber air panas ada di Desa Hutapadang, Kecamatan Padangsidimpuan Hutambaru, Padangsidimpuan, Sumatera Utara, dengan skala menyerupai sumber air panas yang ada di Sipirok.

Ia menambahkan, potensi air pana tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk penambahan destinasi wisata untuk pemandian air panas, mengingat di Kota Padangsidimpuan sendiri tidak ada sumber air panas yang ada hanya di Kabupaten Tapsel dan Mandailing Natal.

Ternyata setelah dilakukan survey ada dan benar di Desa Hutapadang yang langsung berbatasan dengan Desa Simatorkis titik sumber air panasnya, akan tetapi masih jauh dari pemeliharaan dan pengembangan, ungkapnya.

Jelas ini menjadi daya tarik tersendiri untuk Wilayah Kota Padangsidimpuan jika potensi alam ini bisa dikembangkan menjadi potensi wisata pemandian alam air panas, ucapnya.

Pastinya ini akan menjadi pelajaran dan kajian kepada kami Dinas Pariwisata jika akan dikembangkan menjadi potensi daerah, terangnya.

Sementara itu Arpan Hutasuhut (33) warga Hutapadang yang turut menemani rombongan, menuturkan, "sangat perlu dikembangkan, jika perlu ajak masyarakat untuk mengembangkan potensi daerah, mengingat potensi daerah di Kecamatan Hutaimbaru ini masih tergolong jarang dengan potensi sumber air panas tersebut".

Ia juga menuturkan, lokasinya dari desa kami hanya 45 menit untuk tiba kelokasi, dengan berjalan kaki, dengan melintasi persawahan dan kebun salak yang menjadi ikon Kota Padangsidimpuan.

Terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan terutama dinas terkait yang mau dan turun langsung melihat bahwa di desa Hutapadang ternyata memiliki potensi sumber air panas, pungkasnya.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017