Tapanuli Selatan,11/7(Antarasumut)-Program Pemberdayaan Masyarakat melalui ekonomi kreatif seluruh Desa di Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan mendapat apresiasi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) setempat.

"Saya mengpresiasi Camat Sayur Matinggi AM.Fadhil Harahap selaku inisiator yang berfikir visioner demi masyarakat dan kemajuan daerah,"kata Dirut BUMD Tapanuli Selatan Hamdan Nasution, kepada Antara di Sipirok, Selasa.

Pihak Kecamatan Sayur Matinggi kata dia sudah berhasil memotivasi para kepala desa memanfaatkan Dana Desa dengan membangun beberapa sentra ekonomi kerakyatan di seluruh 18 Desa diwilayah itu.

Bahkan ekonomi kreatif itu sudah dipamerkan di lapangan sepakbola Aek Badak Jae, Senin (10/7) bersamaan Launching website desa oleh Bupati Syahrul M.Pasaribu diwakili Kadis Pemdes Ginda Uli.

"Itu dapat menjadi contoh bagi kecamatan maupun desa desa lain di Tapanuli Selatan,"harapnya.

Terpisah Camat AM.Fadhil Harahap mengatakan apa yang dia lakoni demi memandang jauh kedepan, dimana usaha kerakyatan itu cikal bakal menjadi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) nantinya.

Adapun usaha kreatif desa yang sudah berjalan itu seperti kegiatan Jahit Menjahit dengan bekal mesin jahit elektrik, tata rias pengantin.

Ada juga pembuatan springbed, bengkel las, pembuatan syrup, kerajinan rotan, pandai besi, pembibitan ikan lele, penyediaan beras merah, bengkel sepeda motor, bengkel las.

Ekonomi kreatif itu ada di masing Desa Aek Badak Jae, Aek Badak Julu, Sumanggal Parmonangan, Lumban Huayan, Silaiya, Silaiya Tanjung Leuk, Hulu Gading, Sipange, Sipange Godang, Sipange Siunjam, Baringin, Mondang, Tolang Jae, Tolang Julu, Aek Libung, Bulu Gading, Huta Pardomuan dan desa Sihalang.

Bahkan masing desa itu sudah memiliki website yang dapat diakses melalui jaringan media sosial dalam rangka bertujuan mempromosikan seluruh kegiatan, profil dan aktivitas desa serta lainnya.

"Program itu penting menjadikan manusia pembangun dalam rangka mewujudkan masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera sesuai visi misi Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu dan Wakil Bupati Tapsel Aswin efendi Siregar,"tambah Camat Fadhil.

Salah satu warga Aek Badak Julu Hj. Nuramal (55) menyambut baik program tersebut apalagi dengan adanya keterlibatannya dalam hal jahit menjahit diharap bisa menambah inkam pendapatan keluarga.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017