Kota Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan sekaligus kota terbesar kedua setelah Medan di Sumatera. 
Palembang diperkirakan akan menjadi salah satu titik mudik terbesar di Sumatera. Mudik merupakan ritual rutin bagi masyarakat Indonesia yang ingin merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar tercinta di kampung halaman.

Arus mudik Lebaran di Palembang tahun ini, diprediksi meningkat dua kali lipat untuk semua moda transportasi.

Palembang memiliki sebuah Bandar Udara Internasional yaitu Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) yang terletak di barat laut Palembang, melayani baik penerbangan domestik maupun internasional. Bandara ini juga menjadi embarkasi haji bagi warga Sumatera Selatan. 

Penerbangan domestik melayani jalur Palembang ke Jakarta, Bandung, Batam, Pangkal Pinang dan kota-kota lainnya, sedangkan penerbangan internasional melayani Singapura, Kuala Lumpur, Malaka, Hongkong, China dan Thailand.
Palembang juga memiliki tiga pelabuhan utama yaitu Boom Baru, Pelabuhan 36 Ilir dan Pelabuhan Tanjung Api Api. Ketiga pelabuhan ini melayani pengangkutan penumpang menggunakan ferry ke Muntok (Bangka) dan Batam. Saat ini sedang dibangun pelabuhan Tanjung Api Api yang melayani pengangkutan penumpang dan barang masuk serta keluar Sumatera Selatan.


Selain itu Palembang juga memiliki Stasiun Kertapati yang terletak di tepi sungai Ogan, Kertapati. Stasiun ini menghubungkan wilayah Palembang dengan Bandar Lampung, Tanjung Enim, Lahat, dan Lubuklinggau

Menjelang datangnya Idul Fitri 1438H, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) turut serta memastikan kesiapan jaringan sebagai antisipasi potensi kenaikan trafik saat arus mudik, lebaran dan arus balik lebaran. 

Tahun ini XL Axiata mencanangkan program Mudik Digital kepada para pelanggannya. Dulu, para pemudik yang ingin bepergian menggunakan moda pesawat terbang diharuskan memesan ke biro travel. Tapi sekarang, semua bisa dipesan via internet bisa melalui aplikasi yang bahkan bisa mengatur untuk pemesanan hotel sekaligus. Semakin gampang dan cepat. 

XL Axiata  berkomitmen penuh untuk melayani pelanggannya selama mudik tahun ini dengan memastikan ketersediaan produk seperti isi ulang dan kartu perdana selama arus mudik tetap terjaga. Harapannya, pelanggan XL  bisa mendapatkan layanan terbaik jelang idul Fitri, arus mudik, dan arus balik.



General Manager Sales Operation XL Axiata area Sumatera Bagian Selatan, Rudi Rahman Hidayat mengatakan, “Untuk mudik tahun ini para pelanggan di Palembang tidak perlu khawatir tentang layanan dari XL Axiata. Kami akan secara massif memperluas layanan broadband ke berbagai wilayah di Sumatera Selatan dengan XL4G LTE, penambahan layanan 3G dengan teknologi U900, atau bahkan menambah site baru untuk area yang belum terjangkau layanan XL Axiata. 

Sebanyak hampir 800 BTS sudah ready menyambut mudik tahun ini. 

XL Axiata terus melanjutkan perluasan layanan 4G LTE ke berbagai wilayah Nusantara. Sebanyak 5 kota/kabupaten di provinsi Sumatera Selatan kini terlayani oleh 4G LTE dari XL Axiata. Kelima kota/kabupaten Sumatera Selatan yang kini terjangkau jaringan layanan 4G LTE adalah Kota Palembang, Kota Prabumulih, Kab. Banyuasin, Kab. Lahat, Kab. Muara Enim, Kab. Ogan Ilir. 

Sejak awal Juni 2017 pelanggan di kota-kota tersebut sudah bisa mengakses layanan 4G LTE.

Menurut Rudi, pertumbuhan trafik layanan Data seiring dengan semakin tumbuhnya pelanggan yang menggunakan smartphone berkemampuan 4G. Di Sumatera Selatan, trafik harian sudah meningkat 20%. “Kita prediksi akan meningkat 40% lagi saat Lebaran semakin dekat’, ujarnya. Hal ini pun searah dengan strategi perusahaan untuk berfokus pada layanan Data untuk tahun 2017 ini. Karena itulah, capex untuk tahun ini diutamakan untuk mendukung pembangunan layanan Data dari berbagai sisi, termasuk penyediaan jaringan hingga ke pelosok daerah. 



Secara bertahap, XL Axiata akan terus meningkatkan kualitas jaringan dengan menambah area cakupan layanan di setiap kota dengan antara lain menambah jumlah BTS 4G. Saat ini, total BTS 4G yang tersedia di seluruh Sumatera Selatan adalah 190an BTS 4G. Cakupan layanan 4G LTE diprioritaskan di area-area yang memang paling membutuhkan akses internet cepat dan Data digital, seperti antara lain pusat pemerintahan, bisnis, perdagangan, area publik, dan pendidikan.

Total jumlah pelanggan XL Axiata di seluruh Sumatera Selatan hampir tiga juta pelanggan. Sebanyak 65% di antaranya secara aktif menggunakan layanan Data. 

Kenaikan trafik layanan data terutama dipicu oleh akses ke konten-konten video dan ke berbagai media sosial. Dengan jaringan 4G LTE, maka akses pada konten-konten berkapasitas besar akan lebih baik, cepat, dan stabil. Keunggulan ini akan sangat cocok untuk dimanfaatkan oleh masyarakat, termasuk mendukung kinerja bisnis perorangan maupun usaha kecil menengah.  

Dengan tersedianya layanan 4G LTE ini, XL Axiata berharap pelanggan dan masyarakat Sumatera Selatan mampu memanfaatkannya secara maksimal untuk untuk mudik tahun ini.

Hingga awal Juni 2017, XL Axiata sudah menggelar layanan XL 4G LTE di 74 kabupaten/kota lain di wilayah Sumatera. 

Saat ini, XL Axiata telah melayani pelanggan di 330 kota/kabupaten di berbagai wilayah Indonesia dengan layanan 4G LTE. Di awal Mei 2017 lalu, telah diresmikan layanan 4G di dua kota besar Sumatera, yaitu Padang dan Sumatera. Hingga saat ini total jumlah pelanggan XL Axiata di Sumatera baik XL maupun Axis yang lebih dari 14 juta.. Sampai akhir tahun 2017 nanti XL Axiata mentargetkan pembangunan sedikitnya 17 ribu BTS 4G untuk menopang layanan di 330 kota/kabupaten di berbagai pelosok Indonesia. ANTARA SUMUT/Ril

Pewarta: Irsan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017